Dispora Natuna Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Wirausaha Muda Pemula

Dispora Kabupaten Natuna menggelar pelatihan wirausaha muda di Hotel Tren Central, Rabu (18/10/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Natuna mengadakan kegiatan pelaksanaan pelatihan kepada pemuda-pemudi pemula agar siap menjadi wirausaha muda yang kreatif, inovatif dan mandiri.

Pelatihan yang digelar di Hotel Tren Central, Rabu (18/10/2023 ini untuk peningkatan kapasitas daya saing wirausaha muda bagi pemula.

Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam berwirausaha, termasuk pengelolaan bisnis, pemasaran, keuangan, manajemen, dan inovasi. Materi pelatihan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi wirausaha muda di Kabupaten Natuna.

“Pelatihan ini juga akan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berinteraksi dengan pengusaha sukses dan pakar di bidang wirausaha. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta untuk menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik dan berhasil,” ungkap Kadispora Natuna, Suhardi.

Ia menyampaikan, dengan diadakan program pelatihan peningkatan kapasitas daya saing bagi wirausaha muda pemula bertujuan untuk memberikan dukungan dan bantuan dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam berwirausaha.

“Meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia agar mereka bisa meningkatkan perencaan bisnis dan administrasi keuangan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari hari Rabu Tanggal 18 oktober sampai 19 oktober 2023,” ucapnya.

Bupati Natuna Wan Siswandi yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Khaidir menyampaikan, keterlibatan masyarakat seperti wirausaha muda memiliki peran penting dalam membangun bangsa, khususnya di Kabupaten Natuna.

“Peran serta pengembangan wirausaha pamuda-pemudi sangat diperlukan. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini adalah kurangnya jumlah wirausahawan, apalagi wirausaha muda pemula yang memiliki produktivitas dan berdaya saing tinggi,” jelas Khaidir.

Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan persentase jumlah wirausaha di Indonesia yang saat ini baru mencapai 1,56 persen. Untuk itu upaya peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia harus dimulai dari kalangan pemuda-pemudi.

“Menurut David Mc.Cleland suatu negara baru akan menjadi makmur apabila memiliki entrepreneur (pengusaha) Sedikitnya 2 persen dari jumlah penduduk,” pungkasnya

Khadir juga mengatakan sebagai bentuk upaya untuk menciptakan wirausahawan baru terutama di kalangan pemuda-pemudi maka pemerintah kabupaten menyelenggarakan berbagai program guna menumbuhkan kesadaran dan minat di kalangan masyarakat.

“Sesuai dengan visi misi Bupati Natuna yakni terwujudnya Kabupaten Natuna sebagai kabupaten maritim yang unggul, eksotis, aman, dengan kemandirian ekonomi berlandaskan nilai religius dan kultural dan strategi pembangunan Kabupaten Natuna yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis potensi lokal,” tutupnya. (Fadli)