Ditlantas Polda Kepri Edukasi Keselamatan Berkendara di Pesantren Darul Fallah

Personel Ditlantas Polda Kepri melakukan kegiatan 'Police Goes to Pesantren' di Pondok Pesantren Darul Fallah, Jalan Hang Tuah, Batubesar, Nongsa, Batam, Kamis (19/10/2023). (Foto: bidhumas polda kepri)

AlurNews.com – Personel Ditlantas Polda Kepri melakukan kegiatan ‘Police Goes to Pesantren’ dengan tema ‘Polantas Sambang dan Edukasi ke Pesantren’ yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Fallah, Jalan Hang Tuah, Batubesar, Nongsa, Batam, Kamis (19/10/2023).

Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto mengatakan, kegiatan guna memberi edukasi terkait keamanan dan keselamatan berkendaraberkendara.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi serta meningkatkan pemahaman tentang keselamatan berlalu lintas kepada para santri dan pengasuh yang mengajar di Pondok Pesantren Darul Fallah,” ujarnya, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan juga memberikan sosialisasi terkait penggunaan ETLE di Kota Batam kepada para santri dan pengasuh.

“Untuk mekanisme dan cara kerja ETLE yang berada di Kota Batam ada dua jenis yaitu statis dan mobile, statis yaitu berarti bahwasanya sistem tetap yang dipasang di lokasi tertentu di jalan tol atau ruas jalan yang berlaku,” jelasnya.

Sedangkan sistem ETLE Mobile dapat dipindahkan dan digunakan di berbagai lokasi sesuai kebutuhan. Cara kerja ETLE Mobile di Batam hampir mirip dengan ETLE Statis, tetapi mereka dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain yang biasa terpasang di mobil patroli Polisi Lalu Lintas, lalu pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas akan dikenakan sanksi tilang secara elektronik.

“Terakhir kami mengimbau kepada para santri dan pengasuh yang mengajar di Pondok Pesantren Darul Fallah, untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara dan selalu tertib berlalu lintas,” kata Tri Yulianto. (ib)