Buka Pelatihan SAR Natuna, Ini Pesan Bupati Wan Siswandi

Bupati Natuna, Wan Siswandi membuka pelatihan teknis dalam bidang pertolongan pertama pada kecelakaan (First Aid) bagi tim potensi pencarian dan pertolongan Natuna, Senin (23/10/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Bupati Natuna, Wan Siswandi, membuka pelatihan teknis dalam bidang pertolongan pertama pada kecelakaan (First Aid) bagi tim potensi pencarian dan pertolongan Natuna. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan sinergi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam merespons kecelakaan dengan cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi.

Wan Siswandi, menyambut baik pelatihan teknis pertolongan dan pencarian dalam kecelakaan sebagai upaya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan daerah Natuna.

“Perlu kita ketahui sebagaimana bahwa memang keadaan cuaca akhir-akhir ini memang agak ekstrem atau tidak menentu,” ucap Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menyampaikan pembukaan acara di gedung Sri Srindit, Senin (23/10/2023).

Wan Siswandi berharap bahwa pelatihan potensi SAR yang terlatih akan menjadi kontributor penting dalam memajukan Kabupaten Natuna, terutama dalam upaya pencarian dan pertolongan pada kecelakaan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna, Abdul Rahman, menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari program kerja tahunan mereka.

Tujuan dari pelatihan ini adalah membentuk tim potensi pencarian dan pertolongan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam teknik-teknik pertolongan pertama pada kecelakaan,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, terdapat amanat untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) yang berkaitan dengan pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 7 hari di Islamic Center Masjid Agung Natuna mulai tanggal 22 hingga 28 Oktober 2023, dengan melibatkan 50 peserta. (Fadli)