Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian

Pelantikan Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian oleh Presiden Jokowi di Israna Kepresidenan. (Foto: tangkapan layar Youtube BPMI)

AlurNews.com – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan.

Upacara pelantikan dimulai dengan pengucapan keputusan presiden, yang kemudian diikuti oleh pengambilan sumpah oleh Presiden Jokowi. “Terlebih dahulu, saya bertanya kepada saudara, apakah saudara bersedia untuk diambil sumpah menurut agama Islam?” tanya Jokowi, dilansir CNBC Indonesia, Selasa (25/10/2023).

Amran dengan tegas menjawab, “Bersedia.”

Setelah itu, Andi Amran Sulaiman menandatangani berita acara pelantikan, disusul dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan seluruh hadirin.

Amran dilantik sebagai Menteri Pertanian definitif, menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Syahrul Yasin Limpo (SYL). SYL telah terjerat dalam kasus korupsi yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Amran bukanlah sosok baru di Kementerian Pertanian, karena ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi.

Selain pelantikan Andi Amran Sulaiman, dalam upacara tersebut, Presiden Jokowi juga melantik Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) serta Sulaiman sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Argentina. (red)