Winaryo Sutarmo, Warga Karimun Tempuh Ribuan Kilometer Pergi Haji Naik Sepeda

Winaryo Sutarmo (43) warga Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau memilih berangkat haji ke Tanah Suci Mekkah naik sepeda. (Foto: AlurNews/istimewa)

AlurNews.com – Sosok Winaryo Sutarmo (43) warga Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau memilih berangkat haji ke Tanah Suci Mekkah dengan menggunakan sepeda.

Diketahui, perjalanan ke Tanah Suci dengan menggowes sepeda itu telah lama direncanakannya, lantaran faktor ekonomi membuatnya tidak mampu berangkat secara reguler.

Saat ini, Winaryo telah berada di Malaysia, nantinya ia akan menempuh jarak ribuan kilometer dengan melintasi beberapa negara seperti Thailand, Myanmar, Bangladesh, Pakistan dan Arab Saudi.

“Mimpi ini sudah saya rencanakan sejak 2006 silam, hingga akhirnya saya memantapkan diri untuk berangkat ke Tanah Suci dengan sepeda,” katanya, Senin (30/10/2023).

Ia mengatakan, niatnya semakin mantap setelah terinspirasi dari pesepeda lain yang juga melakukan perjalanan ke Tanah Suci Mekkah menggunakan sepeda.

Winaryo mengaku telah melakukan mempersiapkan hampir tiga bulan, baik itu peralatan sepeda, konsumsi dan perlengkapan pendukung perjalanan.

Meski berangkat dengan serba keterbatasan dan hanya membawa uang seadanya, Winaryo optimistis bahwa dirinya bisa tiba ke Tanah Suci. Terlebih, keluarga dan teman-teman sangat mendukung niatnya.

“Alhamdulillah keluarga dan teman-teman sangat mendukung, saya juga minta doa dari semuanya. Semoga niat saya ini berjalan lancar dan bisa tiba di Tanah Suci,” katanya. (Andre)