BIB Akan Gelar Simulasi Pengamanan Ancaman di Bandara Hang Nadim

Sosialisasi persiapan kondisi darurat di Bandara Hang Nadim Batam. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com– Manajemen Bandara Internasional Batam (BIB) akan menggelar dua bentuk simulasi dalam penanggulangan masalah darurat di area Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada 28 November mendatang.

Senior Manager Safety, Suginarno menuturkan simulasi yang akan dilaksanakan merupakan aksi gabungan, dalam menghadapi kecelakaan udara, pengamanan dan keselamatan di bandara.

Tujuan kegiatan PKD adalah langkah persiapan dalam menghadapi perisitiwa yang tidak terduga.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Drop Off dan Pick Up Penumpang di Bandara Hang Nadim Hanya 3 Menit

“Bentuk simulasi langkah mengamankan kondisi darurat, serta langkah penanganan ketika terjadi kecelakaan pesawat udara, dan gangguan keamanan seperti penyanderaan, hingga ancaman bom,” jelasnya, Rabu (1/11/2023).

Dalam simulasi ini, pihak BIB akan melibatkan personel PK – PPK, personel Airport Security Bandara Hang Nadim, Anggota Komite Keadaan Darurat (Airport Emergency Committe), Anggota Komite Keamanan Bandar Udara (Airport Security Committe) Bandar Udara Internasional Hang Nadim dan pemangku kebijakan terkait.

Selain proses simulasi, pihaknya juga menekankan pentingnya media center dalam upaya mengabarkan perkembangan proses penanganan, dan pengamanan kepada pihak keluarga melalui media massa.

“Berita sangat cepat menyebar. Kami ingin media mendukung penyebaran berita sesuai dengan fakta di lapangan, dan kredibel informasi dari sumber yang tepat,” ujarnya. (Nando)