Program Asparnas x Cakap: Beasiswa Bahasa untuk Pelaku UMKM dan Mahasiswa Kepri

beasiswa bahasa asparnas
Asparnas x Cakap memberikan beasiswa bahasa kepada pelaku UMKM dan mahasiswa di Kepri. Foto: DPD Asparnas Kepri

AlurNews.com – Program beasiswa Asparnas x Cakap kembali digelar di 2023 ini setelah sebelumya sukses diselenggarakan pada tahun 2022 lalu dengan menggaet 2.000 perserta.

Bedanya, tahun ini kuota yang disiapkan lebih besar, yakni 5.000. Beasiswa bahasa tersebut diperuntukkan kepada pelaku UMKM hingga mahasiwa di Kepri.

“Jadi ini merupakan program Asparnas (Asosiasi Pariwisata Nasional) pada tahun sebelumnya, pada waktu itu Asparnas Kepri menyiapkan 2.000 beasiswa untuk bahasa Inggris dan Mandarin di April 2022,” kata Ketua DPD Asparnas Kepri, Mulyadi Tan, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: Anak Buruh Ini Dapat Beasiswa dari Kapolres Kampar

Di 2023 ini, Asparnas x Cakap menyalurkan beasiswa untuk para pelaku UMKM, mahasiswa dan pelaku pariwisata. Untuk temanya adalah membuat bussiness plan untuk UMKM dan membangun personal branding untuk profesional.

Ahi, sapaan akrabnya, menambahkan Asparnas menargetkan sebanyak 5.000 peserta. Kegiatan akan dimulai dari tahap pendaftaran pada 3-20 November dan mulai belajar pada 26 November.

“Program ini merupakan belajar bahasa asing berdurasi 1,5 bulan. Nanti peserta juga akan mendapatkan sertifikat,” kata dia.

Pembelajaran dilakukan melalui webinar. Tujuan dari beasiswa itu utamanya mempersiapkan dan meningkatkan kualitas SDM yang mumpuni dan mampu bersaing di Kepri.

“Para pelaku UMKM ini selalu berhubungan dengan para pembeli dari orang asing yang berkunjung, jadi tujuannya ini supaya mereka bisa mempunyai satu keahlian berbahasa dalam berinteraksi untuk membangun usaha mereka,” ujar Ahi.

Program ini merupakan salah satu komitmen Asparnas untuk membantu membangun perekonomian dan meningkatkan kualitas SDM di Kepri. (Arjuna)