Bleu Royal, Berlian Termahal di Dunia Laku Rp 682 Miliar

Ilustrasi. (Foto: via CNN INdonesia)

AlurNews.com – Berlian biru mewah yang sangat langka terjual seharga US$43,8 juta atau lebih dari Rp 682 miliar di lelang Christie’s di Jenewa, Swiss pada Selasa (7/11/2023) kemarin.

Penjualan cincin berlian 17,6 karat yang dikenal sebagai ‘Bleu Royal’ menjadikannya berlian termahal yang pernah dijual di lelang, meskipun diperkirakan bernilai US$50 juta atau sekira Rp 780 miliar sebelum dijual.

“Berlian itu terjual hampir US$44 juta,” kata Rahul Kadakia, Kepala Christie’s International, dilansir Reuters, Rabu (8/11/2023).

“Jumlah ini sangat besar mengingat apa yang terjadi di dunia saat ini.”

Max Fawcett, kepala departemen Christie’s di Jenewa, mengatakan berlian itu unik karena warna birunya yang pekat, serta kesempurnaannya.

“Ini sangat menarik perhatian, itulah sebabnya kami berhasil mengumpulkan kolektor berlian di seluruh dunia, dari timur jauh hingga Amerika,” ujarnya. “Kami sangat senang dengan hasilnya.”

Pada lelang hari Selasa, Christie’s menjual lusinan perhiasan langka senilai lebih dari US$77 juta atau sekira lebih dari Rp 1,2 triliun.

“Jelas pasar (berlian) masih sangat kuat di beberapa tempat tertentu,” kata Fawcett.

“Berlian berwarna memiliki kinerja yang sangat baik di pasar, begitu pula berlian eksklusif. Ada pasar yang bagus untuk perhiasan langka dan masih ada kolektor berlian yang ingin mencari yang terbaik.”

Dalam penjualan terpisah pada hari Senin, Christie’s menjual jam tangan Rolex yang dikenakan oleh Marlon Brando dalam film ‘Apocalypse Now’ tahun 1979 dengan harga lebih dari 4,5 juta Franc Swiss atau Rp 77,9 miliar lebih.

Aktor tersebut mengukir tanda tangannya di bagian belakang jam tangan untuk mencegah perubahan yang tidak disengaja selama pembuatan film.

Dua tahun lalu, jam tangan yang sama dijual di lelang seharga 2 juta Franc Swiss (Rp 34,6 miliar). (red)