Kejari Natuna Geledah Kantor Disperindagkopum Natuna

Kejari Natuna periksa kantor Disperindagkopum Natuna terkait kasus korupsi dana bergulir. Foto: AlurNews.com/Fadli

AlurNews.com – Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Kabupaten Natuna, menjadi target pengeledahan tim Kejaksaan Negeri Natuna, Jumat (10/11/2023).

Penggeledahan tersebut terkait dengan dugaan korupsi dana bergulir Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp55 miliar di Disperindagkopum (Pemkab) Natuna.

Proses penyidikan yang dilaksanakan Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna terkait dugaan perkara dana bergulir 2007-2020. Terkait perkara ini juga, pihak Kejari Natuna sudah melakukan pemeriksaan saksi sekitar 30 orang saksi.

Baca Juga: Disperindagkopum Gelar Pelatihan Promosi Digital Bagi IKM Natuna

Terlihat ada dua unit mobil yang terparkir di halaman kantor Disperindagkopum. Para penyidik itu kemudian melakukan penggeledahan di sejumlah ruangan dengan didampingi Sekretaris Disperindagkopum Abdul Karim.

Sekretaris Disperindagkopum Abdul Karim saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada sejumlah tim dari kejaksaan

“Saya kurang tahu juga, sebelumnya saya mengikuti kegiatan di Hotel Tren Central. Sekitar pukul 11 siang saya dapat arahan dari pimpinan Sekda Natuna untuk menemani dan mendampingi tim dari kejaksaan,” ucap Adul Karim.

Ia menjelaskan, berdasarkan info penggeladahan ini terkait dugaan korupsi dana bergulir UMKM sebesar Rp55 miliar.

“Sebelumnya tim dari kejaksaan sudah ada koordinasi dengan kami. Terkait dugaan korupsi dan bergulir UMKM,” jelasnya.

Terkait dugaan tersebut, Ketua Tim Penyidik Seksi Tindak Pidana Khusus Pidsus (Kasipidsus) Kejari Natuna, Denny menuturkan bahwa penggeledahan ini dilakukan untuk melengkapi barang bukti lain.

“Kita masih proses mengumpulkan sejumlah bukti-bukti. Sebelumnya kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 30 saksi,” papar Kasipidsus Denny.

Berdasarkan surat perintah penggeledahan pihak tim kejaksaan langsung melakukan pemeriksaan berkas yang ada di Disperindagkopum.(Fadli)