16 Negara Lolos ke Putaran Final Piala Eropa 2024

Piala Eropa. (Foto: UEFA)

AlurNews.com – Sebanyak 16 negara sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2024. Hal ini menyusul tiga negara, yakni Belanda, Swiss, dan Romania meraih tiket berlaga di Jerman pada 2024 mendatang.

Tim oranye Belanda memastikan tempat berlaga dalam turnamen empat tahunan itu usai menang atas Irlandia dalam Grup Kualifikasi Piala Eropa. Sebuah gol dari Wout Weghorst menjadi pembeda dan melanggengkan tempat tim Oranje ke Euro 2024.

Dari Grup I, Swiss dan Rumania memastikan tiket ke Euro pada waktu bersamaan. Pada laga Minggu (19/11) dini hari, Swiss hanya bermain imbang dengan Kosovo.

Meski cuma meraih satu poin, Swiss memastikan melangkah ke putaran final karena di laga lain Swiss mengalahkan Israel. Dengan demikian Rumania dan Swiss memastikan menjadi juara dan runner up Grup I.

Sebelumnya sudah terdapat 13 negara yang dipastikan berlaga di Piala Eropa 2024 yakni Jerman selaku tuan rumah serta 12 negara lain yang melalui fase kualifikasi.

Belgia, Prancis, dan Portugal adalah deretan negara yang bisa memastikan kelolosan melalui fase kualifikasi. Kemudian menyusul Skotlandia, Spanyol, Turki, Austria, dan Inggris.

Sementara dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa sejak akhir pekan kemarin terdapat Hungaria, Slovakia, Albania, dan Denmark yang mengikuti jejak peraih tiket Euro 2024.

Daftar 16 Tim Negara yang Lolos ke Piala Eropa 2024:

  1. Jerman (tuan rumah)
  2. Belgia
  3. Prancis
  4. Portugal
  5. Skotlandia
  6. Spanyol
  7. Turki
  8. Austria
  9. Inggris
  10. Hungaria
  11. Slovakia
  12. Albania
  13. Denmark
  14. Belanda
  15. Rumania
  16. Swiss. (ib)