Kawasaki Luncurkan Motor Listrik Ninja e-1 dan Z e-1 di Indonesia

Kawasaki Ninja e1. (Foto: kawasaki)

AlurNews.com – Kawasaki resmi meluncurkan motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1 di Tanah Air. Namun motor listrik ini masih berstatus CBU atau diimpor secara utuh dari Thailand.k

Lantas apakah Kawasaki melalui PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bakal memproduksinya secara lokal?

Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 ini diketahui mengambil basis dari Ninja 250 dan Z 250 yang sudah beredar di Indonesia. Kedua motor sport tersebut sudah dirakit secara lokal pada pabrik Kawasaki di Cikarang, Jawa Barat.

Oleh sebab itu, kedua motor listrik Kawasaki berpeluang untuk dirakit secara lokal dan menggunakan komponen lokal. Hal ini bisa menjadi cara untuk menekan harganya yang saat ini terbilang cukup tinggi.

“Bukan (CKD), masih impor langsung dari Thailand. Nanti kita lihat pasar, kalau direspon dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan dilokalisasi,” kata Head of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia, Michael Tjandra Tanadi di Jakarta, Jumat (17/11/2023) dikutip dari Okezone.

Dia mengatakan bahwa target Kawasaki saat ini adalah pemerintahan, terutama untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Mengingat Presiden Joko Widodo ingin seluruh kendaraan yang beroperasi di sana adalah listrik berbasis baterai.

“Ya, rencananya sih selain untuk retail, kita juga mau membidik ke pemerintahan ya. Jadi ya kalo dibutuhkan kita untuk IKN baru nanti jadi kita sudah siap juga. Saat ini perawatan juga sudah bisa di setiap ibu kota provinsi,” ujar Michael.

Kawasaki berencana menjual motor listrik pertama mereka di Indonesia dengan harga Rp140 jutaan. Mengingat harganya yang tinggi, Michael menegaskan pihaknya masih bermain di segmen premium dan mengincar konsumen yang menginginkan produk berbeda.

“Strategi kita saat ini ya untuk EV ini kita memprioritaskan ke kostumer yang peduli terhadap lingkungan. Selain itu, juga mereka yang mengingingkan produk berbeda dari yang lainnya,” ucapnya.

Kawasaki Ninja e-1 menyajikan bodywork full-fairing yang sporty seperti lazimnya lini Ninja berperforma tinggi. Sementara Kawasaki Z e-1 memiliki bodywork minimalis yang mengingatkan pada gaya streetfighter dan bermesin Z supernaked ciri khas dari tipe Z Kawasaki. (ib)