Topi Napoleon Terjual Rp 32,9 Miliar dalam Lelang di Prancis

Lukisan Napoloen Bonaparte. (Foto: ist)

AlurNews.com – Sebuah topi yang pernah dipakai oleh Napoleon Bonaparte berhasil terjual dalam lelang di Prancis dengan harga mencapai €1,93 juta atau sekitar Rp 32,9 miliar, demikian laporan dari Kantor Berita Jerman (dpa).

Rumah lelang Osenat di Fontainebleau, dekat Paris, menyebutkan bahwa penjualan ini mencetak rekor dunia untuk topi yang dikenakan oleh Napoleon selama masa pemerintahannya pada abad ke-19. Topi hitam tersebut, awalnya dihargai antara €600.000 (sekitar Rp 51,3 miliar) dan €800.000 (sekitar Rp 13,4 miliar, berhasil melewati perkiraan nilai tersebut.

Selain topi, sejumlah barang koleksi lainnya juga dilelang, termasuk seikat rambut sang kaisar dan saputangan. Barang-barang lain yang ditawarkan meliputi sarung tangan dan kemeja yang konon pernah dikenakan oleh Napoleon selama masa pengasingannya di pulau Saint Helena.

Napoleon, yang lahir di Corsica, menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1821, meninggal dunia pada usia 51 tahun di pulau tersebut. Kesuksesan lelang ini memberikan penghormatan baru terhadap warisan sejarahnya yang terus bergaung hingga kini.