KPU Batam Siapkan 13 TPS Khusus untuk Warga Binaan dan Pekerja

Pemilu 2024. (Foto: KPU)

AlurNews.com – Pemilu 2024 tinggal hitungan beberapa bulan saja. Di Kota Batam, Kepulauan Riau, KPU setempat tengah melakukan berbagai persiapan, mulai dari logistik pemilu, pendataan pemilih sampai kesiapan pendirian TPS.

Namun, ada hal yang patut disimak, yakni TPS khusus. Bisa diartikan, bahwa TPS khusus ini merupakan salah satu upaya untuk mengakomodir warga binaan menggunakan hak pilihnya.

KPU Batam pun telah merangkum itu. Setidaknya ada 13 TPS khusus yang ada di Batam dan siap untuk menampung para pemilih yang masuk dalam kategori.

Ketua KPU Batam, Mawardi menjelaskan, bahwa sejatinya memang TPS khusus disediakan untuk mereka yang sedang dalam binaan, biasanya itu untuk warga di Lapas. Akan tetapi, di Batam, TPS khusus juga diberlakukan untuk kawasan industri.

“Di Batam ada tiga TPS di Rutan dan satu di Lapas. Kemudian sisanya di kawasan Panbil dan di industri lainnya,” ujarnya, Rabu (22/11/2023).

Dapat dimaklumi jika memang Batam jadi salah satu kota tersibuk bagi industri dan pekerja. Agar hak pilih para buruh pabrik tak hilang, maka dari itu diberikan kemudahan dengan adanya TPS khusus.

“Jadi para pekerja di perusahaan-perusahaan tak perlu lagi untuk pulang dan mencoblos di tempat lain,” kata dia.

Ia menambahkan, sejauh ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk urusan pendirian TPS khusus. Lalu, untuk datanya, KPU Batam masih belum dapat data ril lantaran sifatnya tentatif.

“Misal di Lapas atau warga binaan, itu jumlahnya tak tetap, bisa berkurang dan bisa bertambah. Jadi kami tetap melakukan pendataan, tapi selama tiga bulan sekali. Bulan ini kemungkinan akan kami data lagi,” katanya. (Arjuna)