DPP Golkar Tunjuk Taba Iskandar Sebagai Bakal Calon Wali Kota Batam

Anggota DPRD Kepri, Taba Iskandar. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Bertambah lagi satu nama yang kemungkinan besar akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Batam di Pilkada 2024 mendatang. Ialah politisi senior Golkar sekaligus Anggota DPRD Kepri dua periode, Taba Iskandar.

Taba ditunjuk langsung oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar lewat surat perintah No: Sprin-373/DPP/GOLKAR/XI/2023. Surat itu ditandatangani oleh Katua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tertanggal 20 November lalu.

Selain Taba, diketahui ada tiga nama lain yang juga masuk dalam kandidat, diantaranya Wakil Ketua II DPRD Batam, Yunus Muda; Anggota DPRD Kepri, Asmin Patros; dan Ketua DPD Golkar Kepri, Ahmad Ma’ruf Maulana.

“Saya terimanya Selasa sore, tanggal 21 November di Jakarta. Di situ diundang semua bakal calon kepala daerah,” ujar Taba, Kamis (23/11/2023).

Taba memang sudah malang-melintang di dunia politik Kepri, setidaknya sudah hampir 30 tahun. Ia juga sempat menjadi Ketua DPRD Batam, Ketua KNPI Batam diawal reformasi, hingga menjadi Ketua Forum Partai Politik yang berjuang bersama masyarakat menjadikan Batam sebagai daerah otonom di tahun 1999 silam.

Kembali pada penunjukan dirinya sebagai bakal calon Wali Kota Batam, dia menyebut bahwa itu sebuah mandat dan kepercayaan dari partai terhadapnya. Melihat karir panjang Taba, ia merasa bahwa jabatan politik bukan lagi sebuah hal yang luar biasa.

Terlepas dari itu, Taba tetap menjalankan apa yang telah diarahkan oleh partai. Dia akan mengukur seberapa besar peluangnya untuk maju sebagai calon Wali Kota Batam, sampai sejauh mana dukungan masyarakat terhadap dirinya.

“Tentu konsolidasi internal, saya fokus di Batam, bagaimana menggerakkan mesin partai, bekerja maksimal terutama berkaitan dengan sukses Pemilu ini. Saya tentu harus fokus di Pileg untuk dapil saya. Saya juga bakal menguji sebesar apa dukungan masyarakat terhadap saya jika maju sebagai calon Wali Kota. Termasuk sejauh mana elektabilitas kami sehingga masyarakat benar menginginkan saya untuk maju,” tutup Taba. (Arjuna)