PGN Tingkatkan Layanan Pelanggan dengan Integrated Monitoring Center

Integrated Monitoring Center milik PGN. (Foto: PGN untuk AlurNews.com)

Batam, AlurNews.com – PT PGN Tbk Subholding Gas Pertamina terus berkomitmen untuk meningkatkan penanganan dan respons terhadap keluhan pelanggan. Salah satu inisiatif terbaru mereka adalah pengembangan Integrated Monitoring Center (IMOC), sebuah alat pemantauan proses bisnis yang memungkinkan peningkatan tingkat layanan secara real time dan terintegrasi.

Melalui IMOC, informasi mengenai kondisi penyaluran, pelanggan, infrastruktur, dan niaga gas PGN dapat diakses dengan cepat dan akurat. Lebih dari 935 BBTUD gas bumi yang disalurkan ke 839.151 pelanggan PGN di 73 kota/kabupaten dan jaringan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 11.675 KM dapat dipantau secara langsung.

IMOC juga menjadi platform bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi rinci, mulai dari registrasi hingga proses gas in, terkait dengan rencana pengembangan Sambungan Rumah Tangga (SRT) dalam skala besar. PGN telah mengembangkan 834.165 Sambungan Rumah (SR) sebagai bagian dari upaya ini.

“Dengan integrasi platform aplikasi yang digunakan, PGN dapat memberikan penanganan dan respons yang lebih cepat dan akurat kepada pelanggan maupun calon pelanggan,” ungkap Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini.

Ratih menekankan bahwa PGN berupaya memberikan layanan terbaik dengan mendigitalisasi alat dan tools yang digunakan. IMOC juga mendukung Contact Center PGN dengan memberikan data detil, termasuk lokasi gangguan, insiden, dan keadaan darurat.

Tim Penanganan Gangguan (TPG) juga dapat mengorganisir penanganan gangguan secara digital, meningkatkan efektivitas operasional. Ruangan IMOC di Kantor Pusat PGN dilengkapi dengan full monitor on wall, memungkinkan informasi tergambarkan dengan lebih jelas.

Informasi yang tersedia di IMOC mencakup data infrastruktur, pelacakan TPG, penyaluran gas, LNG, dan CNG. Terdapat juga dashboard mengenai voice of customers (VoC), data pelanggan, dan layanan pelanggan.

IMOC juga menyediakan informasi dari pemantauan CCTV pada area kerja Subholding Gas, termasuk data waktu dan cuaca, untuk respons cepat dalam keadaan darurat, menegaskan komitmen PGN terhadap aspek safety.

Pengerjaan IMOC dimulai pada Juni 2023 dan diluncurkan pada November 2023. PGN berharap IMOC dapat menjadi solusi terintegrasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih efektif dan efisien. (red)