Jelang Mudik Nataru di Batam, Sejumlah Maskapai Ajukan Extra Flight

Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam menunggu waktu keberangkatan. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), sejumlah moda transportasi baik jalur laut, darat dan udara di Kota Batam, Kepulauan Riau, telah melakukan berbagai kesiapan.

Di Bandara Internasional Hang Nadim Batam salah satunya. Saat ini PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah menyiapkan berbagai upaya seperti tahun sebelumnya sampai pada kesiapan SDM.

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, pihaknya akan segera membuka posko mudik Nataru seperti di tahun-tahun sebelumnya. Tak cuma itu, peralatan, penambahan SDM, dan lain-lain di lingkup bandara juga bakal dilakukan.

Selain itu, ia mengaku untuk penerbangan beberapa pesawat sudah penuh. Meski demikian sejumlah maskapai sedang melakukan penambahan jadwal penerbangan atau extra flight.

“Penerbangan beberapa pesawat sudah penuh dan airlines sedang mengajukan extra flight,” kata Pikri saat dikonfirmasi via seluler, Kamis (30/11/2023).

Sejumlah maskapai yang tengah mengajukan extra flight sejauh ini ada dua, diantaranya yakni Super Air Jet dan Lion Group. Keduanya jadi yang terbanyak diminati oleh pengguna jasa transportasi udara di Bandara Internasional Hang Nadim.

Lalu, rute atau daerah tujuan penerbangan terbanyak masih didominasi oleh dua daerah, adalah Jakarta dan Medan.

“Super Air Jet dan Lion Group (yang mengajukan extra flight), terutama yang untuk ke Jakarta dan Medan, itu yang paling banyak. Yang pertama terbanyak tetap Jakarta dan Medan yang kedua,” katanya. (Arjuna)