Upacara Hari Armada RI Ke-78 Tahun 2023 di Lanal Ranai

Upacara Hari Armada RI ke-78 di Lanal Ranai. Foto: Istimewa/Lanal Ranai

AlurNews.com Natuna – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai melaksanakan upacara dalam rangka Hari Armada Republik Indonesia (RI) Ke-78 Tahun 2023 di Lapangan Apel Mako Lanal Ranai Jl. Yos Sudarso No. 01, Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Selasa (05/12/2023).

Upacara Hari Armada RI ke-78 tahun 2023 diikuti oleh seluruh prajurit dan ASN Lanal Ranai, yang bertindak sebagai inspektur upacara Pejabat Sementara (PJs) Palaksa Lanal Ranai Mayor Laut (KH) Rudhy Rusdhiyanto dengan komandan upacara Kafaslan Lanal Ranai Lettu Laut (KH) Suryo Prabhowo.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, yang dibacakan inspektur upacara.

Baca Juga: Danlanal Ranai Tinjau Latihan Paskibraka Tingkat Povinsi Kepri

“Bahwa setiap kali saya berdiri di hadapan prajurit Jalasena, saya merasakan kekuatan dan semangat membara, yang membuktikan bahwa keberanian dan dedikasi kalian merupakan pondasi kokoh dalam menjaga kedaulatan laut nusantara. Semangat juang yang telah ditunjukkan merupakan langkah untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia. Ingat selalu pesan presiden RI Joko Widodo, bahwa, di laut tersimpan harapan, di laut tersimpan kejayaan,” kata Rudhy membacakan amanat.

Dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini TNI Angkatan Laut dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan.

Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun Non-tradisional menegaskan urgensi bahwa Prajurit Jalasena Armada harus adaptif dan responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut.

Keberadaan armada yang handal tidak hanya sebagai simbol Kekuatan. Namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia.

“Untuk menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan TNI AL secara holistik. Hal ini mencakup pemenuhan dan modernisasi alutsista, peningkatan fasilitas pendukung operasi, serta pengembangan manajemen operasi dan dukungan logistik, dan yang lebih utama, yaitu pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan prajurit yang profesional,” lanjutnya.

Melalui tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju,” peringatan hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas Dan hasil yang dicapai.

Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara.

“Saya ingatkan bahwa di tahun politik ini, peran armada sangat penting dalam mendukung Proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air,” kata Rudhy Rusdhiyanto.

Ia mengatakan TNI AL tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan pemilu berjalan jujur dan adil.

Alutsista armada harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik pemilu sampai dengan pulau-pulau terpencil dan terluar.

Pada kesempatan ini, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit Jalasena Samudera di manapun bertugas.

“Ketahuilah bahwa penghormatan dan ucapan terima kasih tidak cukup untuk menyampaikan rasa syukur atas pengabdian kalian yang tanpa batas, kalian menjadi contoh nyata, bahwa kehormatan bangsa tidak bisa diukur dengan imbalan materi dan pujian semata. Kehormatan sejati terletak pada ketulusan hati dan kesediaan untuk mengabdi tanpa pamrih demi kejayaan bangsa.

Selesai upacara dilanjutkan pembagian hadiah kepada peraih juara 1, juara 2 dan juara 3 lomba ketangkasan prajurit meliputi lomba PBB, lomba kebaharian antara lain lomba melempar tali buangan, tali temali dan tiup peluit, lomba bongkar pasang senjata antara lain senjata SS.1, senjata AK. 47 dan pistol G.2 combat serta lomba dayung perahu karet.

Berbagai lomba tersebut telah dilaksanakan pada Minggu ke-4 pada bulan November 2023. (Fadli)