Dukung Konektivitas Digital, BAKTI Kominfo Gelar Lomba Artikel dan Video Jurnalistik

Bakti Kominfo. (Foto: Kominfo)

AlurNews.com – Salah satu tantangan besar dalam transformasi digital di Indonesia adalah mengkoneksikan daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T), dan perbatasan. Pemerintah saat ini sedang berfokus pada pembangunan last mile untuk menghubungkan lebih dari 12.500 desa yang belum memiliki akses internet berkualitas.

BAKTI Kominfo, dalam upayanya memperkuat dan memperluas akses seluler di seluruh Indonesia, menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi. Kolaborasi ini melibatkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Dalam konteks ini, BAKTI Kominfo menggelar Lomba Artikel dan Video Jurnalistik dengan tema utama melibatkan:

Konektivitas Mendorong Inklusivitas dan Transformasi Digital
Literasi Digital untuk Mendorong Pemanfaatan Konektivitas Digital
Pembangunan Infrastruktur Telko/Digital di Daerah 3T untuk Atasi Kesenjangan Digital.
Karya yang masuk, baik berupa artikel jurnalistik maupun video pendek, diharapkan dapat mencapai beberapa tujuan, antara lain memberikan pemahaman tentang pentingnya pengembangan konektivitas dalam pembangunan Indonesia, menggambarkan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah, serta memberikan masukan untuk meningkatkan literasi digital.

Adapun ketentuan lomba meliputi:

Terbuka bagi wartawan dari media cetak, media online, atau kantor berita.
Karya yang diikutsertakan belum pernah memenangkan lomba sebelumnya.
Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya dengan tema yang berbeda.
Karya harus orisinal dan belum pernah tayang sebelumnya, dibuat dalam kurun waktu satu bulan terakhir hingga 13 Desember 2023.
Pemenang lomba akan diumumkan pada 15 Desember 2023 di Jakarta. Hadiahnya mencakup uang tunai senilai puluhan juta rupiah, dengan tambahan kesempatan untuk peliputan di Indonesia Timur, termasuk Raja Ampat dan Labuan Bajo, bagi pemenang 1, 2, dan 3. Karya-karya yang masuk akan digunakan oleh BAKTI Kominfo sebagai bahan edukasi dan sosialisasi.

Untuk mendaftar, peserta dapat mengirimkan semua karya artikel dan video melalui email humas@baktikominfo.id dengan mencantumkan subjek ‘Lomba Artikel & Video Pendek Jurnalistik BAKTI Kominfo’. Periode lomba berlangsung dari 24 Oktober hingga 13 Desember 2023. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.baktikominfo.id atau di media sosial Instagram, Facebook, X, dan Youtube @baktikominfo. (ib)