Harga Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual hingga Rp100 Juta

Uang koin Rp1. 000 bergambar kelapa sawit. (Foto: Bank Indonesia)

AlurNews.com – Beberapa uang rupiah logam telah ditarik dan dicabut dari peredaran oleh Bank Indonesia (BI), termasuk uang rupiah logam Rp 1.000 TE 1993, sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14 Tahun 2023.

Mengutip detik.com, pencabutan dan penarikan uang rupiah logam ini didasarkan pada pertimbangan masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam, dengan ciri-ciri uang koin Rp 1.000 bergambar garuda dan pohon kelapa sawit.

Bagi masyarakat yang masih memiliki uang rupiah logam tersebut, mereka diperbolehkan menukarnya ke Bank Indonesia sesuai aturan yang berlaku, dengan batas waktu penukaran selama 10 tahun setelah ditarik dari peredaran.

Sayangnya, setelah ditarik dari peredaran, uang koin edisi lama tersebut telah banyak dijual di toko online, dengan harga yang mencapai Rp 100 juta per koinnya. Beberapa penjual menawarkan kondisi mulus, asli Bank Indonesia emisi tahun 1993, dengan material chrome nickel, solid bronze, dan berat 8,60 gram.

Meskipun ada yang menjual di bawah Rp 100 juta, beberapa lapak menetapkan harga Rp 98,7 juta, sementara yang lain menjual seharga Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan ada yang bahkan di bawah Rp 5 juta. Penting untuk memastikan keaslian uang tersebut sebelum melakukan pembelian, dan masyarakat masih dapat menjualnya dengan kisaran harga yang bervariasi.