Gebyar Seni Reog Ponorogo Meriahkan Plaza Angsana Mall Johor Bahru

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru memeriahkan lobi Plaza Angsana Mall dengan menggelar acara Gebyar Seni Reog Ponorogo. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru memeriahkan lobi Plaza Angsana Mall dengan menggelar acara Gebyar Seni Reog Ponorogo.

Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Sigit S Widiyanto menyampaikan apresiasi terhadap keaktifan masyarakat Indonesia di Johor dalam memperkenalkan budaya bangsa. Beliau menekankan bahwa pelestarian budaya adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah Indonesia.

“Ini merupakan kali pertama Reog Ponorogo tampil di sebuah mal di Johor Bahru,” jelasnya, Senin (11/12/2023)

Acara ini merupakan inisiatif dari Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) yang merayakan ulang tahun ke-7 mereka, namun kemudian berkembang menjadi kegiatan promosi budaya Indonesia melibatkan 8 ormas, termasuk PSHT, PSHW, IKSPI, PRIM, Sahabat Indonesia, Pagar Nusa, dan KOMI.

“Pertunjukan tidak hanya menampilkan Reog Ponorogo, tetapi juga mencakup seni bela diri pencak silat dan tarian seperti Tari Srikandhi, Jathilan, dan Tari Bujang Ganong. Seluruh pengisi acara adalah masyarakat Indonesia di Johor yang tergabung dalam 8 ormas tersebut,” lanjutnya.

Tidak hanya menghibur, kegiatan ini juga mengadakan diskusi tentang sejarah dan perkembangan Reog Ponorogo di Malaysia, dengan melibatkan narasumber dari Malaysia, Indonesia, dan Pawargo.

Tampak hadir sebagai tamu undangan YB Dato’ Samsol Bahri Bin Jamali ADUN Semarang Parlemen Ayer Hitam, En Rahmat Md Noh Pengarah Jabatan Kebudayaan Negeri Johor, dan En Lokman Junaidi Ketua Pemuda UMNO Air Hitam.

Dalam sambutan YB Dato Samsol Bahri Bin Jamali, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini dan berharap agar kegiatan budaya semacam ini dapat diadakan secara rutin.

Dato Samsol juga mengakui kontribusi positif Warga Negara Indonesia di Malaysia dalam mengembangkan budaya Indonesia. (Nando)