Pelni Batam Tambah Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Nataru

pelni batam tambah armada
Pelni Batam menambah armada untuk melayani libur Natal dan Tahun Baru 2024. Foto: AlurNews.com/Arjuna

AlurNews.com – PT Pelni cabang Batam, Kepulauan Riau, melakukan penambahan armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di mudik Natal dan tahun baru (Nataru) 2023-2024.

Kapal itu ialah KM Dorolonda yang masuk ke Batam tanggal 18 Desember mendatang. Kapal ini nantinya bakal membantu transportasi penumpang dari Batam – Belawan – Jakarta.

Kepala Cabang (Kacab) PT Pelni di Batam, Teuku M Iqbal mengatakan KM Dorolonda bakal mengarungi rute yang sama seperti kapal lainnya, hanya saja nanti akan saling bergantian.

Baca Juga: Pelni Siapkan Satu Armada Kapal Pembantu Layani Libur Nataru Warga Natuna

“Rutenya sama cuma ‘tektokan’ aja. Seperti di tanggal 18 Desember KM Kelud, tanggal 19 Desember KM Dorolonda dan begitu seterusnya,” kata dia, Rabu (13/12/2023).

Iqbal mengatakan lonjakan penumpang di masa menjelang Nataru tahun ini diperkirakan terjadi di tanggal 19 dan 22 Desember. Hal itu disimpulkan lantaran tiket kapal sudah ludes terjual untuk tanggal yang disebutkan.

“Tapi kita akan menjual tiket non-seat, itu dapat tambahan dispensasi dari Kemenhub guna mengakomodir seluruh penumpang kapal Pelni dari Batam ke Belawan dan Jakarta. Penambahan ada sebanyak 47 persen dari total kapasitas yang ada,” ujarnya.

Sementara untuk persentase kenaikan penumpang diperkirakan mencapai 12 persen dari tahun sebelumnya. “Jadi sekitar 24 ribu orang yang akan bergerak dari Batam ke Belawan dan Jakarta. Dominasi tetap ke Belawan,” sebut Iqbal.

Bagi calon penumpang kapal Pelni yang ingin melangsungkan mudik Nataru diharapkan untuk segera melalukan pembelian. Caranya lewat online di website resmi www.pelni.co.id atau bisa juga di aplikasi Pelni Mobile dan channel travel yang terhubung langsung ke Pelni.

“Semua terpusat, lewat online saja. Tidak ada lagi calo dan juga pembayaran bisa melalui bank hingga bisa juga di Indomaret dan Alfamart. Harga tetap sama, reguler dan tidak ada kenaikan sama sekali,” kata dia. (Arjuna)