Dua Pelabuhan Domestik di Batam Terapkan e-Ticketing

pelabuhan domestik di batam
Pelabuhan Domestik Sekupang kini menerapkan e-ticketing. Foto: AlurNews.com/Arjuna

AlurNews.com – Dua pelabuhan domestik di Batam telah menerapkan tiket elektronik atau e-ticketing. Aturan ini diberlakukan sejak 14 November lalu.

Penerapan aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) BP Batam, No 21 Tahun 2023 perihal E-Ticketing Kapal Penumpang, yang merujuk SE Gubernur Kepri No: B/552.3/19/DISHUB-SET/2023 dan SE Kemenhub No: TI.101/2/12/DA-2023.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan dua pelabuhan itu yaitu Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang dan Ferry Domestik Telagapunggur, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Baca Juga: BP Batam Mulai Terapkan Sistem Tiket Online dan Cashless Payment di Pelabuhan Domestik

Dendi mengatakan saat ini penerapan e-ticketing itu masih dalam masa transisi. Jadi pihaknya masih mengakomodir beberapa penumpang yang belum well informed atau belum mengetahui aturan yang baru ini.

“Target kita 2024 semua sudah digital, sembari terus mengefektifkan sosialisasi kepada penumpang. Kami berharap bantuan pers juga dalam melakukan perubahan budaya ini,” katanya, Sabtu (16/12/2023).

Artinya, tahun depan aturan tersebut diusahakan dapat berjalan sempurna. Tidak ada lagi pembelian tiket secara manual. Meski begitu, Dendi memastikan bakal terus menyosialisasikan e-ticketing kepada masyarakat luas.

“Ya, kalau BP Batam tentunya mempunyai kewenangan pada pelabuhan yang dikelolanya saja,” ujar Dendi, saat ditanya mengenai pelabuhan yang menerapkan aturan itu.

Untuk aplikasi pemesanan, provider ditunjuk oleh agen. Aplikasi itu diintegrasikan ke aplikasi BP Batam. “Aplikasinya dari provider yang ditunjuk oleh agen, ada dua provider yakni MKP Mobile dan Easy Ticket,” lanjutnya.

Dendi memastikan kebijakan e-ticketing ini hanya di pelabuhan yang dikelola oleh BP Batam saja yang menerapkan aturan cashless atau non tunai.

“Ini upaya kita memudahkan dari tradisi lama ke yang baru dengan tujuan sebagai bentuk kemudahan bagi calon penumpang,” kata Dendi. (Arjuna)