Meriahkan HJB ke 194, KKSS Ikut Pawai Budaya hingga Raih Penghargaan Tokoh Paguyuban

KKSS Kota Batam memeriahkan pawai budaya HJB Kota Batam ke 194 di Batam Centre, Sabtu (16/12/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Sempena Hari Jadi Kota Batam, Kepulauan Riau, yang ke-194 tahun, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Batam ikut memeriahkan sejumlah pagelaran yang dihelat.

Setidaknya, ada hampir 300 masyarakat asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berada di Batam turun ke jalan lengkap dengan pernak-pernik busana adat khas etnis Bugis dalam balutan pawai budaya, pada Sabtu (16/12/2023).

“Dari kami (KKSS) yang ikut pawai hampir 300 orang. Itu belum termasuk peserta dari OPD. Kami di sini mandiri dan tidak dibiayai sepeserpun dari pihak lain,” kata Ketua KKSS di Batam, Masrur Amin.

Karnaval itu diikuti oleh hampir seluruh etnis, suku atau daerah. Memang, Batam merupakan salah satu kota yang notabene banyak pendatang. Kerukunan sangat dijunjung di Bandar Dunia Madani.

Jelang milad Batam, banyak acara yang digelar mulai dari hiburan masyarakat, pameran dan lainnya. KKSS mendapatkan satu stand yang isinya kuliner dan souvenir khas dari Sulawesi Selatan.

Kembali ke kegiatan tersebut, pada malam harinya, ada pemberian penghargaan atau anugerah dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Penghargaan itu diberikan kepada tokoh-tokoh paguyuban di Batam. Masrur pun mendapatkan itu.

“Malam pemberian anugerah, termasuk ke saya sendiri sebagai tokoh paguyuban,” kata dia.

Masrur pun menyampaikan apa yang ia harapkan untuk perkembangan Kota Batam. Ia mengakui jika Batam saat ini bak primadona dimata daerah lain, bahkan dunia. Lokasi yang strategis berbatasan dengan negara tetangga menjadi pemantik kemajuan daerah.

Kata dia, perkembangan Batam sudah bisa dilihat tiap triwulan. Hal tersebut menunjukkan jika daerah ini cukup serius dalam urusan pembangunan, baik dari infrastruktur hingga yang lain-lain.

“Kita tidak bicara tahun per tahun, untuk perkembangan Kota Batam per triwulan saja sudah sangat pesat. Saya sendiri sebagai warga Batam asal Sulawesi sangat bangga terhadap Batam. Tamu yang berkunjung takjub atas pembangunan Batam sangat pesat. Saya salut dan bangga terhadap Wali Kota (Rudi), tepat dengan tema Batam Kota Baru. Itu benar-benar disulap menjadi terus lebih baik lagi,” tutupnya. (Arjuna)