Danlantamal IV Batam Lepas Keberangkatan KRI Diponegoro ke Lebanon

KRI Diponegoro 365 berangkat ke Lebanon, Minggu (17/12/2023) kemarin di Pelabuhan Batuampar, Batam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – KRI Diponegoro 365 akhirnya berangkat ke Lebanon, Minggu (17/12) kemarin di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau. Kapal itu membawa misi Satgas Maritim Task Force (MTF) XXVIII-O UNIFIL dibawah naungan PBB untuk perdamaian dunia.

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto melepas keberangkatan kapal itu. Prosesi berjalan dengan lancar.

“Kami melepas KRI Diponegoro yang akan meninggalkan Indonesia menuju Kolombo, Sri Lanka setelah melaksanakan bekal ulang logistik sejak Rabu, 13 Desember 2023 sore di Lantamal IV,” ucap Tjatur.

Setelah dari Kolombo, KRI-Diponegoro selanjutnya akan menuju Salalah, Oman. Kemudian menuju Portside, Mesir. Lalu tahap akhir dari Portside ke Beirut, Lebanon.

Nantinya, kapal anti-kapal permukaan, anti-kapal selam dan anti-pesawat udara ini akan melaksanakan tugasnya yaitu mencegah masuknya komoditi ilegal dari dan menuju Lebanon terutama senjata, serta menjalankan tugas sesuai mandat PBB yaitu membantu angkatan laut Lebanon melalui Maritime Interdiction Operation.

“Kamu doakan bersama agar KRI Diponegoro dapat menjalankan misi PBB ini dengan baik tanpa ada kendala yang berarti baik material maupun personilnya,” tutupnya. (Arjuna)