Persiapan Nataru, KSOP Karimun Tinjau Kesiapan Armada Angkutan dan Terminal

KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun cek kesiapan penyelenggaraan angkutan laut jelang Nataru 2024, Senin (18/12/2023) pagi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun melaksanakan apel kesiapan penyelenggaraan angkutan laut jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Senin (18/12/2023) pagi.

Apel kesiapan Nataru 2024 itu melibatkan sejumlah instansi seperti TNI-Polri, KSOP, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Basarnas, Dinas Perhubungan, Kejaksaan, PT Pelni dan BUP Karimun.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Affandi melakukan peninjauan terminal pelabuhan serta kesiapan armada angkutan (kapal).

Kata dia, peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan persiapan untuk menampung lonjakan penumpang saat arus puncak nanti.

“Hari ini kita menggelar apel kesiapan pasukan dan meninjau langsung terminal pelabuhan dan kesiapan armada angkutan dalam menyambut libur Nataru,” jelasnya.

Adi Affandi juga memberikan himbauan kepada operator kapal agar dapat menjalankan SOP atau aturan keselamatan saat berlayar.

Ia menyebutkan untuk Nataru 2024 ini, pihaknya memprediksi lonjakan penumpang naik 3 hingga 5 persen dibandingkan tahun lalu.

“Untuk tahun ini prediksi kita naik 3 hingga 5 persen, hal ini karena libur sekolah dan Nataru bersamaan. Adapun armada yang disiapkan ada 48 unit untuk tujuan domestik dan Internasional,” terangnya.

Mengenai puncak arus penumpang, Adi Affandi mengatakan peningkatan terjadi pada tanggal 22-24 Desember, sementara untuk puncak arus balik penumpang diperkirakan terjadi pada 2-7 Januari 2024 mendatang. (Andre)