Antisipasi Pengungsi Rohingya, TNI AL Kerahkan Armada Lanal Kawasan Pesisir

Kadispenal Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta menegaskan TNI AL kini telah mengerahkan seluruh armada, dari seluruh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di kawasan pesisir guna mencegah masuknya pengungsi Rohingya.

Untuk diketahui sejak pertengahan November lalu, para pengungsi asal Rohingya kembali masuk ke wilayah Indonesia. Kini diketahui total pengungsi yang telah masuk berjumlah 1.684 orang, berdasarkan data dari Satgas Provinsi Aceh per 11 Desember 2023.

“TNI AL dan jajaran Koarmada 1 telah mengerahkan kapal untuk melakukan pencegahan. Upaya ini juga bekerjasama dengan Bakamla,” tegasnya saat ditemui di Pelabuhan Batuampar, Rabu (20/12/2023).

Ditanyakan mengenai upaya pencegahan sebelumnya, terkait ribuan pengungsi yang telah berhasil masuk ke wilayah Indonesia.

Made menuturkan bahwa hal itu tanpa sepengetahuan para personil TNI AL yang bertugas di wilayah tersebut.

“Masalah masuk atau tidak, kita yang jaga wilayah pantai tidak mengetahui mereka masuknya kapan. Kalau personel jaga di wilayah atas, mereka masuk lewat bagian bawah. Begitu juga sebaliknya,” terangnya.

Untuk saat ini, pihaknya juga menegaskan telah melakukan pengetatan dalam memantau wilayah perbatasan terutama untuk wilayah perairan Lhokseumawe, dan beberapa wilayah perairan lain di Provinsi Aceh.

“Sampai saat ini belum ada laporan ada pengungsi yang masuk, kami bersama pemerintah daerah sudah kencang melakukan pengawasan di laut. Untuk yang telah masuk, kini menjadi fokus dari pemerintah daerah,” ungkapnya. (Nando)