Banyak Mobil Mewah Pakai Pertalite, Pertamina Dukung Penerapan Fuel Card di Batam

pertamax
Karyawan salah satu SPBU di Batam mengisi Pertamax di kendaraan konsumen. (Foto: Dok. Alurnews.com)

AlurNews.com – Pemko Batam merencanakan penerapan fuel card untuk pembelian BBM subsidi jenis pertalite pada Januari 2024 mendatang. Pertamina Patra Niaga regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pun mendukung penerapan aturan tersebut.

Pada konferensi pers secara daring, Selasa (19/12) kemarin, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, bahwa penerapan fuel card itu menjadi salah satu solusi untuk menjaga kuota pertalite di kawasan Batam.

“Jelas itu bertujuan untuk menjaga ketersediaan pertalite. Ini juga agar lebih termonitor. Kami mendukung itu,” kata dia.

Teknisnya, nanti pertamina akan berkoordinasi dengen Pemko Batam. Selain itu, beberapa pihak lainnya juga dilibatkan guna mempersiapkan formula terbaik penerapan fuel card tersebut.

Satria menilai, aturan fuel card dapat mempercepat monitoring kendaraan roda empat yang menggunakan BBM jenis pertalite lantaran banyak mobil mewah yang masih pakai pertalite. Itu juga menjadikan pendistribusian minyak tepat sasaran.

“Saya pernah lihat (mobil) Alphard masih pakai pertalite, padahal dari sisi konsumsi, mobil-mobil kelas seperti itu akan lebih bagus menggunakan BBM non subsisi seperti pertamax atau pertamax turbo,” kata Satria.

Ditanyakan perihal kuota penyaluran pertalite di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) di 2024, dia menyebut jika pihaknya masih menunggu keputusan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). (Arjuna)