Tingkatkan Keselamatan Penumpang Mudik Nataru, Pemprov Kepri Beri Atensi ke Petugas

Kadishub Kepri, Junaidi cek persiapan arus mudik Nataru di Pelabuhan Batam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Tingkat kewaspadaan jelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2023-2023, digalakkan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau, pun turun tangan mengantisipasi hal yang tak diinginkan terjadi.

Dalam hal ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, mengingatkan agar seluruh penyedia jasa hingga petugas pengamanan mudik Nataru agar waspada terhadap cuaca buruk saat hendak melakukan keberangkatan.

Kepala Dishub Kepri, Junaidi mengatakan, bahwa setiap perjalanan kapal diminta untuk intens berkoordinasi dengan BMKG perihal kondisi dan situasi cuaca di lautan.

“Cuacanya tak menentu. Perhatian kita untuk tetap mengedepankan keselamatan, salah satunya dengan melakukan koordinasi bersama BMKG sehingga dalam perjalanan dapat sampai selamat sampai tujuan,” kata dia, usai apel kesiapan mudik Nataru di Pelabuhan RoRo Telagapunggur, Batam, Selasa (19/12/2023).

Selain itu, Junaidi juga menekankan kesiapan sarana dan prasarana pelayaran. Tujuannya agar masyarakat yang sedang melakukan mudik dapat merasa aman dan nyaman.

Kata dia, Dishub Kepri telah berkoordinasi dengan ASDP Telagapunggur dan pihak-pihak lain yang terlibat perihal memastikan sarana dan prasarana di kapal dinyatakan siap dan sempurna untuk berlayar.

Perkiraan Cuaca Selama Mudik Nataru di Kepri

Menyoal cuaca, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, membenarkan jika adanya perkiraan cuaca buruk menjelang akhir tahun ini. Atau bisa dibilang anomali cuaca.

“Di Kepri, saat ini (kondisi perairan) memang masih dalam kategori tenang. Tinggi gelombang 0,5 meter sampai 1,5 meter. Tapi untuk daerah lain seperti Anambas dan Natuna itu sudah masuk kategori sedang, gelombangnya paling tinggi atau maksimal mencapai 2,5 meter. Jadi untuk itu tentu demi keselamatan bersama kita bersama-sama berkoordinasi sepanjang arus mudik Nataru tahun ini,” tutupnya. (Arjuna)