Indonesia dan Korea Selatan Jalin Kemitraan Gerai Bebas Bea di Bandara Hang Nadim

kemitraan di bandara hang nadim
PT BIB, PT Sarinah, dan Shilla Duty Free Corporation menandatangani kemitraan pengelolaan duty free di Bandara Hang Nadim Batam. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – PT Bandara Internasional Batam (BIB), PT Sarinah, dan Shilla Duty Free Corporation menandatangani Kesepakatan Kemitraan Strategis Pengelolaan Duty Free atau gerai bebas bea di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara BIB dan Shilla Duty Free yang telah dilakukan pada November 2023.

Direktur Utama BIB Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan gerai Shilla Duty Free akan mulai beroperasi di Bandara Hang Nadim Batam pada tahun 2024.

Baca Juga: PT BIB Kembangkan Shopping Center Bertaraf Internasional di Bandara Hang Nadim

PT Sarinah merupakan anggota holding injourney yang bergerak di bidang ritel dan perdagangan akan berperan sebagai eksportir dan mengurus perizinan dari instansi pemerintah lainnya.

“Kerja sama ini akan memanfaatkan ekosistem pariwisata, karena Sarinah fokus pada pemasaran produk-produk unik dan kreatif asli Indonesia,” paparnya, Sabtu (23/12/2023).

Dengan kerja sama ini, transformasi Bandara Hang Nadim terus dilakukan, salah satunya melalui kerja sama dengan pemain global. Sarinah akan berperan besar dalam ekosistem bisnis ini.

“Terlaksananya kerja sama ini menunjukkan komitmen BIB dalam program leaving legacy dengan menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan,” kata Pikri.

Vice President Hotel Shilla Co.Ltd Jae Wan Lee menyampaikan bahwa Shilla Duty Free sangat bersemangat untuk masuk ke pasar Indonesia. Keberadaan Sarinah akan menjadi kekuatan bersama untuk menghadirkan pengalaman retail kelas dunia.

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartaty mengatakan erja sama ini tidak hanya terkait dengan distribusi dan ekspor produk Shilla Duty Free.

Kerjasama ini juga diajukan dengan prinsip reciprocal business, di mana PT Sarinah memiliki kesempatan untuk membuka Windownesia di gerai Shilla Duty Free di negara lain.

Windownesia adalah etalase produk-produk terbaik asli Indonesia, seperti kopi, teh, aroma terapi, dan produk lainnya dengan ciri dan keunikan khusus Indonesia.

Vice President Corporate Secretary BIB Aidhil P Julian mengatakan kerja sama ini akan menjadi sejarah baru bagi Bandara Hang Nadim Batam. Warga negara Indonesia merupakan salah satu pelanggan besar Shilla Duty Free di Singapura.

Kerja sama ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi perekonomian Batam, tetapi juga akan membuka lapangan kerja baru serta menjadikan Batam sebagai destinasi khusus untuk produk otentik kosmetik global dan Korea di Indonesia. (Nando)