Kapolda Kepri Cek Pengamanan Natal di Batam

Kapolda Kepri Irjen Pol Yang Fitri Halimsyah cek pengamanan Natal di Batam, Minggu (24/12/2023). (Foto: bidhumas polda kepri)

Meutiaranews.co – Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah bersama forum koordinasi pimpinan daerah setempat, melakukan peninjauan keamanan pada pelaksanaan malam Natal di sejumlah gereja di Kota Batam.

“Malam ini, kami telah mengunjungi beberapa gereja untuk memantau jalannya kegiatan misa malam Natal. Hasilnya, pelaksanaan di gereja-gereja yang kami kunjungi berjalan khidmat, tertib, dan damai,” ujar Irjen Yan setelah meninjau di GPIB Immanuel Batam pada malam Ahad.

Peninjauan di gereja-gereja tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada umat Nasrani, sehingga diharapkan pelaksanaan malam Natal dapat berlangsung lancar.

“Semoga di hari Natal ini, umat dapat merayakan dengan khidmat dan sukacita, dengan segala berjalan dengan baik terutama nilai keamanannya sesuai harapan kita di sini,” tambahnya.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad, menjelaskan bahwa sebanyak 1.450 personel disiagakan untuk menjaga keamanan malam Natal. Total gereja yang dijaga di Kepri mencapai 414.

“Dalam rangka Operasi Lilin Seligi 2023, kemarin pasukan yang terlibat berjumlah 1.339 personel. Ada tambahan 111 personel sesuai informasi dari Karo Ops,” ujar Pandra.

Langkah ini diambil untuk memastikan umat Nasrani yang merayakan atau mengikuti misa malam Natal 2023 dapat merasa aman dan nyaman. Sterilisasi dilakukan di beberapa gereja yang menjadi perhatian khusus, dengan bantuan dari Sat Brimob Polda Kepri.

Selain menjaga keamanan perayaan Natal, Polda Kepri juga melakukan pengamanan di objek wisata dan pusat perbelanjaan yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat untuk merayakan akhir tahun. (ib)