Libur Nataru, Bandara Hang Nadim Layani 80 Penerbangan

Penerbangan batam-korsel
Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Bandara Internasional Hang Nadim Batam menghadapi lonjakan aktivitas penerbangan dengan melayani 80 penerbangan selama momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Corporate Communication & Stakeholder Relation PT Bandara Internasional Batam, Muhammad Badrudin menyebutkan bahwa puncak arus mudik Natal-Tahun Baru mencapai 14.600 penumpang pada 23 Desember 2023.

“H-2 menjelang Natal 2023, puncak tertinggi penumpang mencapai 14.600 pada 23 Desember 2023, dengan rata-rata 12 ribu penumpang setiap hari,” ujarnya, Minggu (24/12/2023).

Untuk mengakomodasi lonjakan tersebut, dilakukan penambahan hingga empat penerbangan setiap hari, termasuk rute Batam-Pekanbaru, Batam-Jakarta, dan sebaliknya. Pada puncak arus mudik 23 Desember, terdapat 4 penerbangan tambahan.

Sebelum memasuki puncak arus mudik, Bandara Internasional Hang Nadim Batam melayani sekitar 8.000-10.000 penumpang per hari. Direktur Operasional Bandara Internasional Batam, Nugroho Jati, memastikan kesiapan petugas, fasilitas, dan pelayanan agar dapat berjalan lancar selama periode Natal-Tahun Baru.

“Kami prediksikan ada peningkatan lalu lintas dan jumlah penumpang. Bersama-sama, kita perlu menjaga kondisi yang kondusif terutama bagi yang merayakan Natal dan Tahun Baru,” ujar Nugroho.

Dalam upaya menjaga keamanan, Bandara Internasional Batam menyiagakan 40 personel serta mendapatkan bantuan dari personel eksternal TNI/Polri, SAR, dan gabungan dari PLN, Imigrasi, Bea Cukai, dan Karantina.

“Semua personel siap siaga untuk pengamanan Natal-Tahun Baru. Lokasi posko tahun ini dialihkan ke sisi utara terminal karena bandara sedang dalam proses pembangunan,” tambah Nugroho. (ib)