Gelar Operasi Jagratara, Imigrasi Batam Datangi 3 Perusahaan Asing

operasi jagratara imigrasi batam
Imigrasi Batam mendatangi perusahaan asing di Batam untuk memeriksa TKA, Kamis 928/12/2023). Foto: Dok. Imigrasi Batam

AlurNews.com- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Batam didampingi oleh Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, menggelar Operasi Jagratara pada Kamis, (28/12/2023).

Target lokasi Operasi Jagratara menyasar pada Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di perusahaan yang berada di wilayah kerja Kanim Batam, dengan berfokus pada tiga titik, diantaranya PT Mcdermott Indonesia, PT Nov Profab, dan PT Volex Indonesia. Ketiganya merupakan perusahaan asing yang ada di Indonesia.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Batam, Kharisma Rukmana mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk memastikan kelengkapan dokumen keimigrasian pada TKA serta pengawasan keimigrasian terhadap orang asing.

Baca Juga: Imigrasi Karimun Gelar Operasi Jagratara, Periksa TKA di Perusahaan

“Pelaksanaan Operasi Jagratara ini dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, serta Pemilu dan Pilkada 2024,” kata dia.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Satuan Tugas Operasi Jagratara menemukan tidak ada pelanggaran yang ditemukan pada TKA. Seluruh TKA yang diperiksa telah memiliki dokumen sesuai dengan kebutuhan.

Secara kontinu Kanim Kelas I Khusus TPI Batam akan melakukan pengawasan terhadap setiap WNA yang bekerja di Batam.

“Pengawasan keimigrasian ini bertujuan untuk memastikan setiap WNA memiliki izin tinggal sesuai dengan peruntukannya,” ujar Kharisma.

Pelaksanaan Operasi Jagratara Pengawasan Orang Asing itu dipimpin oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau.

Kegiatan juga diikuti oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kepala Seksi Intelijen Keimigrasian dan Kepala Seksi Penindakan Keimigrasian beserta anggota personel Satgas Operasi Jagratara Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. (Arjuna)