KPU Karimun Libatkan 151 Warga untuk Lipat Surat Suara Pemilu

Warga melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kantor KPU Karimun, Sabtu (4/1/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Sejumlah persiapan Pemilu 2024 terus dilakukan KPU Kabupaten Karimun, termasuk kesiapan logistik.

Sebanyak 151 masyarakat Karimun dikerahkan untuk melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Karimun.

Pelipatan surat suara itu diketahui dimulai dari 3 Januari 2024 dan langsung mendapat pengawasan ketat dari petugas dan aparat kepolisian.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Mardanus menyebutkan proses pelipatan surat suara tersebut akan dijadwakan selama 8 hari.

“Mereka akan melakukan pelipatan dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB dan waktu istirahat 1 jam,” ujarnya, Kamis (4/1/2024).

Lebih lanjutnya lagi, ada kurang lebih 1 juta surat suara yang akan dilipat, diantaranya surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi Kepri, DPR RI, DPD dan Presiden-Wakil Presiden.

Kata Mardanus untuk peserta pelipatan surat suara tersebut juga telah melalui tahapan seleksi seperti pengecekan KTP dan tidak terlibat parpol atau timses.

Sementara itu, Kapolres Karimun, AKBP Fadi Agus mengatakan telah menyiapkan pengamanan dengan melibatkan personel Polres Karimun dan Brimob Polda Kepri.

Ia menerangkan, masyarakat yang dijadikan petugas pelipatan surat suara harus mengikuti prosedur dan aturan saat ingin masuk dalam gudang logistik.

Adapun aturan yang harus diikuti seperti menunjukan data diri (KTP) dan tidak boleh membawa barang-barang ke gudang yakni handphone, gas dan benda yang dirasa tajam. (Andre)