Kanim Batam Buka Layanan Paspor Simpatik, Puluhan Kuota Tersedia

Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Batam. (Foto: Imigrasi Batam)

AlurNews.com – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Batam, Kepulauan Riau, membuka layanan paspor Simpatik per tanggal 6 Januari, selama tiga pekan.

Pelayanan ini merupakan program dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dalam merayakan Hari Bhakti Imigrasi ke-74. Layanan paspor Simpatik juga diselenggarakan di seluruh kantor Imigrasi di wilayah Indonesia secara serentak.

Pelayanan paspor Simpatik khusus dibuka pada hari Sabtu. Di Batam, layanan ini dibuka pada Kanim Batam yang berlokasi di Jalan Engku Putri, Batamcenter, serta Unit Layanan Paspor (ULP) Harbourbay.

” pembuatan paspor pada Layanan ini dapat dilakukan melalui aplikasi M-Paspor. Imigrasi mulai membuka kuota pendaftaran pada aplikasi M-Paspor pada hari Kamis, 4 Januari 2024,” ujar Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Batam, Kharisma Rukmana, Selasa (9/1/2024).

Kepala Seksi Dokumen Perjalanan Keimigrasian, Muh Ikbal Bangsawan menambahkan, pada Sabtu, 6 Januari 2024 kemarin, Kanim Batam menyediakan kuota bagi 39 pemohon untuk penerbitan paspor biasa dan 15 pemohon untuk penerbitan paspor elektronik. Kuota ini berlaku di kantor pusat Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam yang berada di Batamcenter.

Sementara untuk di ULP Harbourbay, kuota disediakan sebanyak 35 pemohon untuk penerbitan paspor biasa dan 14 pemohon untuk penerbitan paspor elektronik.

“Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menyediakan kuota kepada 50 untuk M-Paspor dan juga 10 untuk Walk In bagi layanan prioritas seperti penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, dan balita,” kata diam

Selama tiga hari tersebut, Pelayanan Paspor Simpatik mulai dibuka pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap, masyarakat dapat mengakses kanal media sosial dengan akun @ImigrasiBatam pada Instagram, Threads, Twitter, TikTok, dan Facebook.

Sementara untuk Layanan WhatsApp, masyarakat dapat menghubungi melalui pesan singkat atau telepon ke nomor: 0811-700-2019. (Arjuna)