Fenomena Bulan Baru, BMKG Karimun Ingatkan Warga Waspada Banjir Rob

Ilustrasi banjir rob di Karimun. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun, Kepulauan Riau memberikan imbauan kepada warga pesisir terkait potensi banjir rob pada tanggal 12 hingga 16 Januari 2024 mendatang.

Banjir rob atau biasa disebut air pasang keling oleh masyarakat setempat ini terjadi lantaran dipengaruhi curah hujan yang cukup tinggi serta adanya fenomena fase bulan baru (new moon).

Biasanya wilayah Kabupaten Karimun yang paling terdampak banjir rob antara lain pesisir di Kecamatan Meral, Kecamatan Tebing dan pesisir Pulau Kundur.

“Kami sudah menerbitkan imbauan kepada masyarakat terkait potensi banjir rob yang dapat berlangsung dari tanggal 12-16 Januari nanti,” jelas Forecaster BMKG Karimun, Younggy H.M Hutabarat, Kamis (11/1/2024).

Pihaknya memprediksi banjir rob terjadi sekitar pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB, dengan ketinggian gelombang berkisar 0,5 meter sampai dengan 1,25 meter.

“Naiknya air pasang atau banjir rob ini bervariasi, dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk itu, kami meminta warga pesisir agar selalu waspada dan memperhatikan aktivitas air laut naik,” ungkapnya.

Selain itu, Younggy juga meminta agar masyarakat dapat mengamankan barang-barang perabotan berharga sebelum banjir rob mulai masuk ke pekarangan rumah. (Andre)