PT BBA Bakal Tutup, Nasib Ribuan Pekerja Terancam

PT BBA tutup
PT Bintan Bersatu Apparel (BBA) tutup total awal Februari 2024. Foto: istimewa

AlurNews.com – Salah satu perusahaan garmen terbesar di Kota Batam, Kepulauan Riau, yakni PT Bintan Bersatu Apparel (BBA), dikabarkan segera tutup. Penghentian operasional perusahaan tersebut bakal terjadi bulan depan.

Hal itu pun dibenarkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti. Ia menyebut bahwa di bulan Februari mendatang PT BBA tak lagi memproduksi garmen.

“Iya, akan tutup. Minggu lalu tim Disnaker sudah ke sana. Februari nanti mereka stop produksi,” katanya, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Gelar Operasi Jagratara, Imigrasi Batam Datangi 3 Perusahaan Asing

Penyebabnya, lanjut Rudi, lantaran PT BBA minim atau tak lagi mendapat orderan. Hal ini sudah berlangsung sejak lama.

Sementara itu terkait hak-hak pekerja di perusahaan tersebut, dirinya memastikan hal itu bakal terpenuhi sesuai aturan yang berlaku. Artinya segala bentuk kompensasi akan diterima ribuan karyawan di PT BBA.

“Di sana sekarang ini masih ada seribuan karyawan lagi yang tersisa. Jadi kami juga telah ke sana dan memastikan segala bentuk hak pekerja terpenuhi,” kata Rudi.

Sebelumnya, informasi tutupnya perusahaan konveksi ini telah santer sejak 2022 silam. Hal itu terjadi lantaran menurunnya permintaan dari negara-negara tujuan ekspor. (Arjuna)