Target Lima Rute Baru, Bandara Hang Nadim Terima Penerbangan Langsung China

Penumpang penerbangan perdana rute China-Batam tiba di Bandara Internasional Hang Nadim. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Bandara Internasional Hang Nadim Batam, menyambut 134 penumpang dari Kunming, China yang merupakan penerbangan Internasional direct pertama pada tahun 2024.

Direktur PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah menuturkan pembukaan penerbangan ini merupakan satu dari lima target penerbangan Internasional, yang sudah dicanangkan oleh PT BIB.

“Tahun ini kami menargetkan lima penerbangan Internasional direct langsung ke Hang Nadim,” ujarnya, Minggu (21/1/2024) pagi.

Untuk selanjutnya, pihaknya menargetkan penerbangan internasional akan dibuka ke Kuala Lumpur, Malaysia melalui Batik Air pada 16 Februari 2023 kemudian di bulan Juni penerbangan ke Korea Selatan melalui Jeju Air, dan juga ke kawasan Asia tenggara lainnya sepeti Thailand dan Vietnam

Pikri mengatakan pada periode Januari sampai Maret penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali seminggu, periode April sampai Mei direncanakan dua kali seminggu, dan pada periode selanjutnya sampai dengan Januari 2025 direncanakan menjadi tiga kali seminggu.

Kepala Dinas Pariwiata Kepri, Guntur Sakti, mengatakan penerbangan perdana tiba ke Batam dari Kunming bagian dari rencana PT BIB untuk memberikan upaya kunjungan wisman 3 juta tahun ini yang ditargetkan oleh Kementrian.

“Inilah upaya mendatangkan wisman dan di bulan Februari akan membuka penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Batam tiga kali seminggu,” ujarnya.

Guntur menyebut dari segi pariwisata ini menjadi peningkatan daya saing semoga target 3 juta wisman bisa tercapai.

“Selain pintu masuk Batam yang menjadi andalan untuk Kepri, pihaknya juga berupaya menyinergikan melalui Bintan dan Tanjungpinang,” sebutnya. (Nando)