Ponton Pelabuhan Tanjung Berlian Kundur Ambruk, BUP Sebut Karena Faktor Usia

Ponton pelabuhan antar pulau Tanjung Berlian Kundur, Kabupaten Karimun, Kepri ambruk dan tenggelam, Sabtu (27/1/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Ponton pelabuhan antar pulau Tanjung Berlian Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau ambruk dan tenggelam pada Sabtu (27/1/2024).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ponton tersebut ambruk lantaran dihantam gelombang kuat serta kondisi ponton yang sudah rapuh.

Saat dikonfirmasi mengenai kejadian itu, Direktur Operasional Badan Usaha Kepelabuhanan (BUP) Karimun, Aprilzal turut membenarkan kejadian tersebut.

“Benar, kejadiannya sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Tak ada korban dalam insiden itu karena memang sepi dan pelabuhan belum beroperasi,” jelas Aprilzal melalui via seluler.

Aprilzal mengakui bahwa ambruknya ponton Pelabuhan Tanjung Berlian disebabkan karena usia yang sudah tua dan keropos.

“Memang sudah usang dan ada beberapa bagian berlubang jadi dimasuki air sehinga tenggelam,” ucapnya.

Kata dia, pihaknya akan segera melakukan evakuasi ponton tersebut guna dilakukan repair atau perbaikan.

Untuk saat ini aktivitas keberangkatan di pelabuhan Tanjung Berlian Kundur akan dialihkan ke ponton Provinsi, menjelang ponton itu selesai diperbaiki.

“Sebelumnya memang ada rencana ingin di perbaiki, tapi sudah terlanjur tenggelam. Jadi nanti saat air surut akan kami coba angkat untuk docking,” sebutnya. (Andre)