Warga Batam, Yuk Ramaikan Batam Bersepeda 2024

AlurNews.com – Batam Bersepeda, yang sudah menjadi ajang tahunan kembali digelar pada Minggu, 29 Januari 2023. Event kali ini adalah tahun ke-3 usai dicanangkan Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi.

Rute Batam Bersepeda 2023 menempuh jarak 12 kilometer, dimulai pukul 06.00 WIB, dan start di Dataran Engku Putri Batam, Batam Centre.

Dari sini kemudian keluar pintu barat, langsung belok kanan (kontra flow) menuju bundaran BP Batam. Selanjutnya ke kiri lurus sampai Mitra 10.

Selanjutnya ke kiri menuju simpang tiga Kantor Kadin Batam, melintas Bundaran Tuah Madani ke Simpang Gelael lurus ke Fly Over Laluan Madani menuju Pitstop Taman Dang Anom.

Kemudian melalui jalur lambat ke arah simpang Kepri Mall, belok kiri ke Simpang Kara, Simp Frengky, Simpang Masjid Raya Batam, dan Finish di Dataran Engku Putri.

Ajang Batam Bersepeda pertama digelar pada tahun 2020, yang dibuka langsung oleh Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi.

Semangatnya kala itu adalah Kebersamaan, Menyatukan Tekad dan Saling Mendukung Demi Batam yang Maju.

Batam Bersepeda tahun 2020 dimulai dari garis start Gerbang Selatan Dataran Engku Putri, tampak para petinggi negeri diantaranya Plt Gubernur Kepri Isdianto, Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema, dan segenap unsur forkopimda bersama-sama gowes di barisan paling depan.

Acara ini juga dirancang untuk memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dengan rute terpanjang 20 kilometer.

Selanjutnya, peserta kegiatan yang mengangkat tema “Merangkai Pulau Menyatukan Hati, Gowes Kepri”, menelusuri rute: start dari Gerbang Selatan Engku Puteri–Masjid Agung–Simpang Frengky-Simpang Kabil Kepri Mall–Dermaga Sukajadi–flyover Laluan Madani–Polsek Lubukbaja.

Dilanjut rute dari BCS menuju ke Grand Mall–Simpang Martabak Har–Simpang Telkom–Jalan Raden Patah–Simpang Indomobil–Edukits–Bundaran Madani–Simpang Ikan Daun dan finish (selesai) di Gerbang Barat Engku Putri. (ib)