Global Game Jam Dorong Inovasi, Kolaborasi dan Kreatifitas Pengembang Game

Global Game Jam di Nongsa Digital Park. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Indonesia bersiap menyambut Global Game Jam, sebuah perhelatan yang bertujuan untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan kreativitas di antara pengembang game muda dan berbakat, dan akan dilaksanakan di Nongsa Digital Park pada tanggal 26-28 Januari.

Program Director Infinite Learning, Ari Nugrahanto menjelaskan event ini merupakan kegiatan yang dilakukan serentak di berbagai lokasi di seluruh dunia, termasuk di Batam.

“Event ini, yang diselenggarakan oleh komunitas Game Developer Batam, mendapat dukungan penuh dari Infinite Learning dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta didukung oleh Politeknik Negeri Batam dan Asosiasi Game Indonesia,” ujarnya, Senin (29/1/2024).

Dalam pelaksanaannya, para peserta diberi tantangan untuk membuat game dalam kurun waktu 48 jam dengan tema ‘Make Me Laugh’.

“Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang keren-keren, serta talent yang berbakat. Acara Global Game Jam ini bisa menjadi ajang teman-teman developer Batam untuk memamerkan diri dan harapannya menjadi step pertama untuk menuju internasional,” lanjutnya.

Pada pelaksaanaan kegiatan di hari terakhir, Ari menuturkan ditutup dengan sesi pitching atau presentasi akhir yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa industri ternama meliputi Ubisoft, Lightspeed Studio (Tencent), dan DISG.

Ubisoft diwakili oleh Bill Money selaku Game Director dan Nicolas Riviere selaku Animation Director. Keduanya sempat berinteraksi dengan para peserta, berbagi wawasan, bahkan play-testing beberapa produk, dan
memberikan beberapa feedback.

Event ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang pertunjukan keahlian para pembuat game, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat jaringan, berbagi pengetahuan, dan
menginspirasi generasi pembuat game berikutnya.

“Dengan dukungan berbagai pihak, Global Game Jam di Batam diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam memajukan industri game di Indonesia dan memperkenalkan talenta serta budaya Indonesia ke kancah Internasional,” terangnya. (Nando)

Global Game Jam di Nongsa Digital Park. (Foto: AlurNews)