Memiliki Banyak Keutamaan, Siapa Saja yang Diutamakan Diberi Sedekah?

Keutamaan bersedekah. (Foto: internet)

AlurNews.com – Sedekah merupakan amalan yang dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Ia dilakukan untuk mendorong umat manusia untuk berbagi harta, meningkatkan rasa kepedulian, dan memperkuat silaturahmi.

Sebagai perbuatan kebaikan, sedekah ditegaskan dalam surah Ali Imran ayat 92, di mana Allah SWT berfirman:

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ ٩٢

“Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya.” (Ali Imran 3:92)

Pertanyaan sering muncul mengenai kepada siapa seharusnya sedekah diberikan. Berikut penjelasan mengenai siapa yang sebaiknya menjadi penerima sedekah:

  1. Sedekah Kepada Orang yang Membutuhkan
    Menurut buku Fikih Sunnah Jilid 2 oleh Sayyid Sabiq, sedekah terbaik diberikan kepada orang yang membutuhkan, terutama yang manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik sedekah adalah mengalirkan (menyediakan) air.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)
  2. Sedekah Kepada Kerabat yang Memusuhi
    Berdasarkan buku “Sedekahlah, Allah Menjaminmu Hidup Berkah” oleh Masykur Arif, sedekah terbaik dapat diberikan kepada kerabat yang memusuhi. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah paling utama (utama) adalah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi.” (HR Thabrani dan Abu Dawud) Tujuan sedekah kepada kerabat yang memusuhi adalah mengakhiri permusuhan, membawa kedamaian, dan menjaga persaudaraan.
  3. Sedekah Suami kepada Istri
    Menurut buku “36 Solusi Cerdas Sedekah Tanpa Uang” oleh Haryadi Abdullah, sedekah terbaik ditujukan suami kepada istri. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung.” (HR Bukhari) Rasulullah juga menyebut sedekah kepada istri dan anak sebagai sedekah paling utama bagi laki-laki, karena mereka adalah tanggungan yang wajib dipenuhi semua kebutuhannya.

Keutamaan sedekah termasuk membersihkan harta, lebih baik daripada meminta, mencegah musibah, dan menghindarkan panasnya kubur. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Harta tidak akan berkurang karena sedekah. Allah pasti akan menambah kemuliaan seseorang yang suka memaafkan.” (HR Muslim)

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW berkhotbah, “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah tangan orang yang berinfak dan tangan yang di bawah adalah tangan peminta.” (HR Bukhari)

Sedekah memiliki keutamaan luar biasa, dan Rasulullah SAW mendorong umatnya untuk senantiasa berbuat baik dan berbagi dengan sesama sebagai bentuk ibadah dan rasa syukur kepada Allah SWT. (ib)