KPU Batam Distribusikan Logistik Pemilu ke Hinterland

distribusi logistik pemilu
Distribusi logistik Pemilu ke kawasan hinterland mulai dilakukan, Rabu (7/2/2024). Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke daerah terluar dan terjauh yaitu di kawasan hinterland, antara lain Pulau Bulang dan Galang.

“Sesuai dengan jadwal yang telah kami sampaikan sebelumnya, distribusi logistik dimulai pada tanggal 7 Februari,” kata Ketua KPU Batam, Mawardi, Rabu (7/2/2024).

Pelepasan logistik dilakukan pada pukul 14.00 WIB di gudang KPU Kota Batam. Distribusi logistik ke Pulau Belakang Padang akan menyusul setelah kesiapannya dipastikan.

Baca Juga: Besok KPU Batam Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

“Proses awalnya kami sudah melakukan pengecekan bahwa dari setiap kotak suara berisi masing-masing jenis surat suara pemilu, mulai dari DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, DPR RI, dan presiden wakil presiden,” kata Mawardi.

Berdasarkan Keputusan KPU 12/81 tentang kelengkapan pemungutan suara dan perlengkapan lainnya, masing-masing kotak suara untuk DPRD Kota, Provinsi, dan DPD berisi 3 item. Selain itu, terdapat 12 item PPWP dan perlengkapan lainnya di luar kotak suara.

“Proses distribusi logistik akan dilakukan dari tanggal 7 hingga 12 Februari. Seluruh logistik harus rampung didistribusikan dari gudang KPU Kota Batam,” kata Mawardi.

“Untuk logistik di TPS, sebagian sudah ada di gudang kecamatan. Nanti koordinasinya dengan PPK, apakah didistribusikan pada tanggal 12 atau 13, karena H-1 seluruh logistik harus sudah ada di TPS,” tambahnya.

KPU Batam bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk layanan transportasi pendistribusian logistik. Logistik untuk Kecamatan Bulang akan dibawa melalui darat dari Pelabuhan Sagulung ke kantor kecamatan di Pulau Buluh.

Sedangkan logistik untuk Kecamatan Galang tidak perlu melalui laut karena masih berada di pulau yang sama. Distribusi dari kantor kecamatan ke TPS di Galang akan dilakukan pada tanggal 12 atau 13 Februari, berdasarkan informasi dari PPK. (Nando)