RSUD Muhammad Sani Karimun Kini Punya Alat CT Scan, Pasien BPJS Kesehatan Gratis

Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan penggunaan alat CT-Scan dan Mamografi di RSUD Muhammad Sani Karimun. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan penggunaan alat CT-Scan dan Mamografi di RSUD Muhammad Sani Karimun.

Alat canggih penunjang pelayanan kesehatan tersebut merupakan hasil pengadaan Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023.

“Sudah bertahun-tahun kami usulkan, karena yang dahulu sudah rusak dan saat ini usulan kami dipenuhi sehingga dapat digunakan,” kata Aunur Rafiq, Rabu (7/2/2024).

Aunur Rafiq juga menyebutkan CT-Scan dan Momografi tersebut didapat melalui tahapan lelang. Dimana, untuk harga alat CT-Scan tersebut mencapai Rp13 miliar, sedangkan harga untuk alat Momografi sebesar Rp4 miliar.

“Untuk masyarakat yang memiliki BPJS, biayanya gratis dan dicover penuh oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Kata dia, dengan adanya alat CT-Scan dan Momografi itu, masyarakat yang biasanya harus pergi ke luar kota untuk melakukan pengecekan kini sudah dapat di RSUD Muhammad Sani.

Peresmian penggunaan alat CT-Scan dan Momografi juga disejalankan dengan syukuran predikat paripurna akreditasi RSUD Muhammad Sani Karimun.

Predikat paripurna yang diraih oleh RSUD Muhammad Sani tersebut merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.

Sementara itu, Direktur RSUD Muhammad Sani, Rosdiana mengatakan CT-Scan itu nantinya akan berfungsi untuk membantu diagnosa dokter.

“Misalnya, kalau ada pasien stroke, apakah ada pendarahan atau penyumbatan di kepala. Atau ada pasien mengeluh mengalami sakit kepala, bisa tau apakah ada tumor. Bisa juga seluruh tubuh, misalnya ada kecurigaan pasien mengalami tumor paru dan lainnya,” kata Rosdiana. (Andre)