Yordania Lolos ke Final Piala Asia 2033 Usai Bungkam Korea Selatan 2-0

Yordania lolos final Piala Asia 2023 usai menang 2-0 atas Korea Selatan di Stadion Ahmad bin Ali, Selasa (6/2/2024). (Foto: AFP)

AlurNews.com – Yordania memastikan diri lolos ke babak final Piala Asia 2023 setelah mencetak kemenangan mengejutkan 2-0 atas calon juara Korea Selatan dalam babak semifinal di Stadion Ahmad bin Ali, Selasa (6/2/2024).

Yordania tampil mengesankan dengan serangan berkelanjutan di babak pertama. Meskipun kiper Jo Hyeon Woo Korea Selatan bermain brilian, mereka tidak mampu membobol gawang.

Pada babak kedua, Korea Selatan meningkatkan garis pertahanan, menguasai permainan, dan penguasaan bola. Namun, usaha Son Heung Min dan rekan-rekannya untuk membongkar pertahanan Yordania tetap belum membuahkan hasil.

Pukulan telak bagi Korea terjadi pada menit ke-53 ketika kesalahan gelandang Park Yong Woo dalam mengoper dimanfaatkan oleh Mousa Tamari. Tamari memberikan umpan terobosan kepada Yazan Al Naimat yang sukses mengalahkan kiper Jo Hyeon Woo, membawa Yordania unggul 1-0.

Yordania menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-66 melalui aksi gemilang Mousa Tamari. Meski Korea berusaha membalas, pertahanan solid Yordania membuat upaya mereka sia-sia.

Meski terjadi protes keras ketika striker pengganti Cho Gue Sung dijatuhkan di kotak penalti pada menit ke-88, wasit menganggapnya diving dan memberikan kartu kuning. Dengan skor akhir 2-0, Yordania meraih tiket ke final Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya. (ib)