Azi Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Pulau Laut

musrenbang kecamatan pulau laut
Anggota DPRD Natuna Azi hadir dalam musrenbang di Kecamatan Pulau Laut, Jumat (9/2/2024). Foto: AlurNews.com/Fadli

AlurNews.com – Anggota DPRD Natuna dari Dapil III, Azi hadir dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Pulau Laut, Natuna, Jumat (9/2/2024).

Azi menyampaikan akan berkomitmen untuk mengawal dan menyampaikan aspirasi masyarakat ke Pemerintah Daerah (Pemda). Ia siap untuk menjalankan tugasnya sebagai pengawal aspirasi masyarakat dan bertanggung jawab atas pengusulan usulan masyarakat ke Pemda.

“Realisasi dari aspirasi masyarakat tentunya tergantung pada kebijakan pemerintah, namun saya menekankan pentingnya untuk terus mengawal agar seluruh usulan prioritas dari masyarakat dapat direalisasikan,” ucapnya.

Musrenbang di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna. Foto: AlurNews.com/Fadli

Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati, Rodhial Huda dan tim asistensi memimpin acara tersebut dengan tema “Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul dan Sejahtera”.

Camat Pulau Laut, Bambang Erawan melaporkan bahwa Musrenbang tingkat desa telah dilaksanakan dengan baik dan banyak usulan prioritas yang akan disampaikan kepada tim asistensi.

Ia juga menyampaikan bahwa persentase balita stunting di Kecamatan Pulau Laut telah mengalami penurunan dari 18% menjadi 12%.

“Kami laporkan bahwa kami telah melaksanakan rembuk stunting dan saat ini sedang dilaksanakan penimbangan dan kegiatan-kegiatan lainnya oleh Posyandu untuk menekan lagi balita kondisi stunting,” ujarnya.

Selama acara, dilakukan penyerahan simbolis Lumbung Sosial, Kartu BPJS Ketenagakerjaan Asuransi Nelayan, dan alat pancing ulur kepada pihak terkait. Wan Siswandi menyampaikan pembangunan di Kecamatan Pulau Laut telah berjalan, dengan anggaran mencapai Rp11 miliar untuk tahun tersebut.

Musrenbang di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna. Foto: AlurNews.com/Fadli

Wan menekankan fokus pada pembangunan ekonomi untuk tahun anggaran 2025, dengan perbaikan sarana dan prasarana penunjang peningkatan ekonomi.

“Untuk agenda tahun anggaran 2025 akan kita usahakan dengan kapasitas APBD kita. Untuk tahun 2025 ini coba kita fokuskan kepada pembangunan ekonomi seperti dari perbaikan sarana dan prasarana penunjang peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Musrenbang Kecamatan Pulau Laut menghasilkan beberapa usulan prioritas seperti pembangunan jalan, pembebasan lahan dan fasilitas publik, pembangunan pelabuhan, infrastruktur sekolah, sarana nelayan, peningkatan jaringan seluler dan internet, pengadaan bibit tanaman, pelatihan UMKM, dan pembangunan sistem pembuangan sampah.

“Untuk tahun ini, Pulau Laut ini mendapatkan anggaran mencapai Rp11 miliar dengan pembangunan jalan lingkar Pulau Laut, kemudian kelanjutan pembangunan pelabuhan, rehabilitasi ruang kelas, pemeliharaan alat Puskesmas. Kemudian Alhamdulillah melalui Inpres kita mendapat anggaran juga untuk perbaikan jalan di Kecamatan Pulau Laut ini dan Insyaallah untuk yang lainnya akan kita lanjutkan untuk Tahun Anggaran 2025,” kata Wan Siswandi. (Fadli)