PT BIB Lakukan Pertemuan dengan Kemenhub, Bahas Penanganan Hewan Liar di Bandara

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah. Foto: AlurNews.com/Arjuna

AlurNews.com – PT Bandara Internasional Batam (BIB), melakukan pertemuan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada pekan lalu. Keduanya membahas mengenai penanganan hewan liat di areal bandara.

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, bahwa ketentuan mengenai penanganan hewan liar itu telah ada sejak lama, tepatnya pada 2013 lalu. Pertemuan pihaknya dengan Kemenhub itu semacam konsultasi publik saja.

“Ini sebenarnya konflik hewan liar dengan manusia juga terjadi di areal bandara. Bagaimana kita menyelamatkan hewan liar dan juga melindungi kelancaran atau keberlangsungan operasi di bandara,” ujarnya, Senin (12/2/2024).

Memang, belakangan kerap kali hewan liar yang masuk di areal bandara. Contohnya seperti buaya dan lainnya. Tak dapat dipungkiri, bahwa disekitar Bandara Hang Nadim Batam ada 1.400 hektare hutan yang selama ini jadi habitat hewan liar.

“PT BIB melakukan langkah seperti pemantauan di dalam dan di luar bandara. Tugas kita adalah melakukan pemantauan secara berkala terhadap pergerakan hewan liar ini,” kata Pikri.

PT BIB juga menilai, bahwa kawasan bandara bukan lagi tempat atau habitat hewan liar. Walau demikian, ia bakal mencari langkah-langkah pengawasan dan pemeriksaan ke hewan yang masuk, keluar, maupun yang tertangkap.

“Kita menghindari mengundang hewan itu masuk. Pencegahan akan kita lakukan agar keberlanjutan operasi bandara terjaga dan aman,” pungkasnya. (Arjuna)