Hasil Quick Count, 8 Parpol Ini Lolos ke Senayan

Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta. (Foto: sindonews)

AlurNews.com – Beberapa lembaga survei telah merilis hasil quick count atau hitung cepat Pemilu 2024. Dengan perolehan suara sementara di atas 70 persen, tiga lembaga survei, misalnya, telah mencatatkan bahwa delapan hingga sembilan partai politik akan melenggang ke DPR RI pada 2024 ini.

Parpol dapat lolos ke Parlemen apabila mereka berhasil melampaui ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Pertama, Charta Politika merilis hasil quick count Pileg 2024 dengan perolehan suara mencapai 91,40 persen per Kamis (15/2) pukul 07.16 WIB. Berdasarkan hasil hitung cepat Charta, terdapat sembilan parpol yang berhasil lolos ke Parlemen. Mereka adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, PKS, Partai NasDem, Partai Demokrat, PAN, dan PPP. Meskipun jumlah parpol sama dengan Pileg 2019, urutan perolehan suaranya berbeda.

Kedua, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan hasil yang tak jauh berbeda. Data per Kamis (15/2) pukul 06.49 WIB dengan 79,10 persen suara yang masuk, menunjukkan delapan parpol yang lolos ke Parlemen. PPP belum berhasil melampaui ambang batas dengan suara 3,78 persen. Urutan perolehan suara tertinggi hingga terendah juga berbeda dengan Charta. LSI mencatatkan PDIP paling unggul, disusul oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Ketiga, Poltracking Indonesia dengan perolehan suara masuk sebesar 70,77 persen per Kamis (15/2) pukul 06.11 WIB. Hasilnya juga menunjukkan delapan parpol yang lolos ke parlemen karena suara PPP masih di bawah ambang batas, yaitu 3,59 persen. Urutan perolehan suara parpol juga sejalan dengan LSI, yaitu PDIP paling teratas, disusul oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN. (ib)