Lomba Scout Day XIII di Batam Diikuti 4 Ribu Pelajar

Lomba Scout Day XIII
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batam Jefridin membuka Lomba Scout Day XIII, Selasa 920/2/2024). Foto: mediacenterbatam.go.id

AlurNews.com – Lomba tahunan Scout Day XIII yang diselenggarakan di One Batam Mall, Selasa (20/2/2024) diikuti empat ribu peserta. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam Jefridin.

Dalam kesempatan itu, Jefridin mengapresiasi Kwartir Ranting Batam Kota yang telah menyelenggarakan perlombaan. Para peserta yang ikut terdiri dari golongan Siaga, Penggalang dan Penegak.

“Acara ini sangat luar biasa dengan jumlah peserta empat ribu orang,” kata Jefridin, dikutip dari laman resmi Pemko Batam.

Baca Juga: Peringatan Hari Pramuka ke-62, Ka Kwarcab Beberkan Manfaat Gabung Pramuka

Peserta Scout Day XIII tidak hanya diikuti oleh anggota Pramuka di Kota Batam, melainkan juga dari luar Batam yakni dari Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan dari Kabupaten Lingga.

“Pesertanya luar biasa, piala yang disediakan cukup banyak. Lomba ini bentuk motivasi mengasah kemampuan individu dan kelompok. Adik-adik semua agar terus berlatih, mendalami dan memahami Gerakan Pramuka,” kata Jefridin,

Jefridin mengatakan Gerakan Pramuka mendidik para anak bangsa menjadi mandiri dan berguna bagi dirinya, bangsa, negara serta agamanya. Ia juga berpesan agar para peserta dapat menjaga prilaku dan sikap dengan pengunjung mall lainnya.

Ketua Panitia Ali Amran mengatakan Gerakan Pramuka berfungsi sebagai pendidikan non formal di luar sekolah. Kegiatan Scout Day XIII ini merupakan agenda tahunan yang digelar dalam rangka hari kepanduan dunia.

“Kegiatan dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 20 sampai 25 Februari 2024 yang dipusatkan di One Mall Batam,” ujarnya.

Scout Day XIII diisi dengan beragam lomba yang diikuti dari golongan Siaga, Penggalang SD, SMP dan Penegak. Beberapa lomba yang diadakan yaitu fashion show, mewarnai, tari, yel-yel dan reportase. (red)