M Putra Pratama Jaya, Caleg Termuda yang Berpotensi Duduk di DPRD Batam

Caleg Partai NasDem, M Putra Pratama Jaya. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Ajang Pileg di Kota Batam, Kepulauan Riau, cukup menarik untuk diulas. Yang ikut berkontestasi tak cuma para politisi senior, tapi junior pun ikut bertarung.

Salah satunya ialah M Putra Pratama Jaya. Caleg Dapil 3 Bulang, Galang, Seibeduk, Nongsa, dari Partai NasDem, yang ikut berkontestasi. Ia kini berusia 24 tahun, usia terbilang muda untuk memberanikan diri ikut terjun ke politik dan nyaleg.

Di Pileg 2024 ini, Putra punya kans untuk duduk di DPRD. Suaranya terbilang cukup tinggi, meski tahun ini merupakan kali pertama ia memantapkan diri untuk ikut pencalonan.

“Sekarang dari data yang kami miliki, itu hampir 3.600 suara untuk saya pribadi. Tapi itu belum full. Sisanya di Nongsa masih belum dihitung, itu ada sekitar 15 persen lagi,” katanya saat diwawancarai, Selasa (20/2/2024).

Dari situ, Putra optimistis bakal mengamankan satu kursi di DPRD. Ditambah lagi, lanjut dia, dari perhitungan sementara saat ini, kemungkinan NasDem untuk Dapil 3 ada peluang dua kursi.

“Posisi saya nomor dua setelah Pak Kamal (Kamaluddin). Insya Allah ada peluang,” ujar Putra.

Bila benar terjadi, dia meyakini bahwa itu merupakan buah dari kerja kerasnya selama setahun belakangan dalam kancah politik.

Ditanya mengenai apa yang menjadi pendorong untuk dirinya masuk ke kancah politik, jawabannya terbilang sama seperti kebanyakan politikus, tergerak dari hati demi mengemban amanah rakyat.

“Ini kali pertama nyaleg. Kalau yang mendorong itu, jujur saya tergerak sendiri untuk membantu masyarakat. Selain itu juga ke-trigger sama orang tua. Ibu saya kebetulan juga politisi dan ikut nyaleg,” katanya.

Bagi dia, sosok pemuda harus ikut membangun daerah dan negeri. Siapa lagi yang menjadi regenerasi selain anak muda. Kata dia, pemuda adalah tonggak awal mula kepemimpinan. (Arjuna)