Bawaslu Sebut Pelaksaan Pemilu 2024 di Natuna Bebas dari Politik Uang

Ketua Bawaslu Natuna, Siswandi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Natuna, Siswandi meyatakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Natuna berjalan lancar dan bebas dari politik uang.

Sejauh ini, pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan ketentuan. Bawaslu Natuna tidak menemukan adanya pelangaran ataupun politik uang dan lainnya.

Siswandi mengatakan, pihaknya terus melakukan patroli, hingga bagi jadwal, dan lokasi untuk melakukan pengawasan dari masa tenang sampai di hari H (14 Februari).

“Dari kampanye, masa tenang sampai hari H kemarin belum ada pelangaran atau politik uang yang dilaporkan masyarakat ke kami,” ujarnya, Jumat (23/2/2029).

Pihaknya terus melakukan pengawasan mulai dari Rekapitulasi suara di Panitia Pengawasan kecamatan (PPK). “Saya sendiri sampai jam 4 subuh melakukan monitoring di Bunguran Timur dan Batubi. Dan kami belum ada terima laporan pelanggaran atau politik uang,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk pelaksanaan rekapitulasi pleno beberapa kecamatan berjalan lancar, aman dan tidak ada laporan permasalahan.

“Rekapitulasi suara di kecamatan hampir selesai, hanya tersisa 1 kecamatan Bunguran Timur saja,” ungkapnya.

Selain itu, Bawaslu Natuna juga memiliki form C hasil salinan dan dokumen form C hasil pleno dari pengawasan TPS. “Kalau ada hal-hal yang berpotensi pelangaran kami bisa sandingkan dengan data yang kami dapatkan dari hasil pengawasan di TPS,” ujarnya.

Keterbukaan informasi saat pleno harus memperhatikan keberatan saksi, dan penyelenggara jika ada hal-hal pelangaran, pihaknya akan mencari solusi dan pembuktiannya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas dan jangan terpengaruh dengan media sosial.

“Untuk mengetahui siapa saja caleg yang akan duduk tunggu saja hasil resmi dari KPU, jangan terpengaruh oleh isu-isu yang beredar di media sosial,” kata Siswandi. (Fadli)